Puluhan Gadis Belia yang Jadi Korban Trafficking Berhasil Diamankan

Nasional / 30 September 2011

Kalangan Sendiri

Puluhan Gadis Belia yang Jadi Korban Trafficking Berhasil Diamankan

Lois Official Writer
3101

Usaha perdagangan manusia (trafficking) bukan hanya terjadi di luar negeri, di Indonesia pun terjadi. Untungnya, kepolisian Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Usaha, berhasil menggagalkan upaya perdagangan manusia yang masuk melalui terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (29/9) ini. Dalam operasi penangkapan itu polisi menahan dua tersangka yang bertugas sebagai penerima tenaga kerja bernama Tan Tjie Thin dan Sie Sin Phin.

Penangkapan berawal saat petugas mencurigai rombongan yang turun dari kapal KM Mabuhay Nusantara. Rombongan itu sebanyak 43 orang dan 9 di antaranya langsung diamankan karena masih di bawah umur. Puluhan anak perempuan itu dibawa dari Sambas, Kalimantan Barat. Mereka tidak memiliki KTP dan hanya membawa surat keterangan bepergian dari kepala desa. “Usia mereka di bawah 15 tahun,” ujar Kasat Reskrim Polres Pelabuhan, Ajun Komisaris Jerry Siagian.

Dari keterangan para wanita belia ini, mereka dijanjikan bekerja di perusahaan konveksi dan pengolahan sarang wallet di kawasan Jembatan Lima, Jakarta Barat dengan gaji Rp 600 ribu per bulan. “Mereka bekerja mulai pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB, dari Senin hingga Sabtu dan mereka dilarang keluar mess.” ujar Jerry lagi.

Korban trafficking yang diamakan petugas berinisial LL, DW, YN, TT, MNT, WT, GST, dan WDI. Setelah dilakukan pendataan, mereka akan dipulangkan kepada orangtuanya. Saat ini, dua orang yang bertugas merekrut masih dalam pengejaran polisi dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Tersangka berinisial KC dan KSM.

Tidak heran jika di Jakarta makin padat penduduknya dan usaha yang tidak halal dilakukan semakin besar karena penduduk dari wilayah lain dapat dikelabui dan diajak ke Jakarta dengan iming-iming kemilaunya Jakarta. Percayalah, Anda bisa berhasil meskipun di daerah asal Anda berusaha sungguh-sungguh. Dan yang lebih penting lagi, para wanita harus lebih berhati-hati jika ada tawaran pekerjaan yang kelihatannya menggiurkan padahal menjebak Anda.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami