Survei : Menolong Orang Lain Membuat Hidup Lebih Lama

Internasional / 25 September 2011

Kalangan Sendiri

Survei : Menolong Orang Lain Membuat Hidup Lebih Lama

Lois Official Writer
5101

Segarnya penampilan orang-orang yang menolong orang lain ini. Itu menunjukkan bahwa mereka kemungkinan bisa hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak menolong orang, tergantung dari alasan mereka juga. Hal ini diungkapkan oleh laporan masyarakat dari jurnal Health Psychology. “Sukarelawan dapat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak melakukan tindakan ini sebagai alasan utama mereka untuk tetap bersosialisasi dengan manusia lainnya,” menurut laporan yang berjudul “Motives for Volunteering Are Associated With Mortality Risk in Older Adults. Menurut laporan itu lagi, mereka yang menjadi sukarelawan dapat hidup rata-rata empat tahun lebih lama daripada mereka yang tidak.

Riset itu menggunakan data dari Wisconsin Longitudinal Study tahun 1992, 2004, dan 2008 yang mengambil contoh kehidupan sebanyak 10.317 orang yang lulus dari sekolah itu. Riset itu menanyakan tentang kebiasaan-kebiasaan mereka dan juga mempertimbangkan tentang kesehatan fisik mereka, status sosial, identitas status, kesehatan mental, dan juga dukungan sosial terhadap mereka.

Ada beberapa tanggapan dari mereka seperti, “Saya rasa sangat penting untuk menolong orang lain”, atau “Menjadi sukarelawan adalah aktivitas terpenting untuk orang lain yang saya tahu”. Ada juga yang mengatakan, “Dengan menolong orang lain, itu adalah pelarian yang baik dari masalah saya sendiri” dan juga ada yang mengatakan, “Menolong orang lain membuat saya merasa lebih baik terhadap diri saya sendiri.”

Di dalam Alkitab betapa banyak kisah-kisah tentang tolong menolong ini. Contohnya saja, bagaimana Boaz yang mencoba menolong Ruth dan Naomi keluar dari permasalahan mereka sehingga akhirnya bisa mendatangkan kebaikan buat Boaz sendiri. Contoh lainnya adalah seorang Samaria yang baik hati yang menolong orang yang terluka. Dan Yesus juga menekankan bahwa kita harus mengasihi Allah dan mengasihi manusia seperti diri kita sendiri. Mengasihi artinya memberikan sesuatu, entah itu pertolongan atau apapun yang mereka butuhkan.

Sudah percayakah Anda, ketika beban masalah menghadang Anda, adalah lebih baik bagi Anda untuk memikirkan kepentingan orang lain dan membantu mereka menyelesaikan masalah yang ada, sama seperti yang Yesus ajarkan kepada kita. Kasihi orang lain sama seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

Sumber : christianpost/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami