Hati-Hati, Satelit 6.5 Ton Akan Hantam Bumi Malam Ini

Nasional / 23 September 2011

Kalangan Sendiri

Hati-Hati, Satelit 6.5 Ton Akan Hantam Bumi Malam Ini

Lois Official Writer
2044

Semua benua di dunia memiliki kemungkinan kejatuhan pecahan satelit ini, jadi setiap makhluk di muka bumi harap berjaga-jaga. Seperti yang dilansir dari laman Associated Press, satelit luar angkasa milik NASA, Upper Atmospheric Research Satellite (UARS) diperkirakan akan menghantam bumi pada Jumat nanti malam (23/9).

Satelit sebesar bus dengan berat 6.5 ton ini akan pecah hingga ratusan bagian ketika menembus atmosfir. Salah satu pengamat satelit asal Kanada, Ted Molczan, mengatakan satelit jatuh akan terlihat seperti komet. “Satelit itu akan terlihat seperti bintang terang dengan ekor menyala yang panjang,” kata Molczan. Satelit ini diperkirakan akan hancur berkeping-keping sebelum mendarat di suatu tempat di bumi.

Sayangnya, lokasi jatuhnya satelit sulit untuk diprediksi. Diperkirakan semua benua kecuali Antartika memiliki peluang kejatuhan satelit ini. Molczan sendiri hanya baru sekali melihat satelit jatuh, yaitu satelit komunikasi Rusia pada tahun 2004. Dan meskipun akan pecah hingga ratusan kepingan, namun diduga sebanyak 26 kepingan satelit yang selamat dari panasnya atmosfir memiliki bobot hingga 136 kg. Hal ini perlu menjadi perhatian warga dunia untuk waspada terhadap jatuhnya kepingan satelit ini.

Namun, menurut ahli astrofisika dari Harvard-Smithsonian Center di Cambridge, Amerika Serikat, Jonathan McDowell, peluang adanya manusia menjadi korban tertimpa satelit sangat kecil. Sejak dimulainya era teknologi antariksa, belum pernah tercatat ada kepingan satelit melukai manusia. McDowell mengatakan satu-satunya satelit yang mengenai manusia adalah tahun 1997 ketika seseorang di Tulsa, Oklahoma tertimpa kepingan yang sangat kecil dari pecahan roket Delta. Kemungkinan terjadi lagi hal serupa adalah satu banding 3.200. Tapi kita sebaiknya tetap waspada.

Begitu banyak sampah di luar antariksa sana yang akhirnya ‘sampah’ itu masuk ke bumi. Kita berharap tidak ada seorang pun yang mengalami luka atau kecelakaan akibat sampah ini, karena itulah kita harus tetap waspada. Alangkah baiknya jika dunia mulai memikirkan untuk membersihkan satelit-satelit yang sudah tidak terpakai agar luar angkasa bebas dari sampah.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami