Kondisi Bayi Ini Kian Lemah Karena Ususnya Keluar dari Tubuh

Nasional / 23 September 2011

Kalangan Sendiri

Kondisi Bayi Ini Kian Lemah Karena Ususnya Keluar dari Tubuh

Lois Official Writer
2228

Apa yang menimpa bayi ini sungguh di luar dugaan. Sejak dilahirkan ibunya, bayi yang masih belum memiliki nama ini kondisinya sudah memprihatinkan. Bayi yang lahir di Kabupaten Nganjuk ini, seluruh ususnya di dalam perut keluar dari tubuh mungilnya. Dan hal ini menyebabkan semakin hari, bayi dari pasangan Kurniawati (28) dan Gunawan (32) semakin melemah.

Bayi seberat 2.9 kg dan tinggi 45 cm ini memiliki kelainan gastroschisis. Dalam istilah kedokteran, penyakit ini ditandai keluarnya semua usus di luar perut. Menurut dokter spesialis anak RSUD Nganjuk, Agus Budiono, pihak rumah sakit berencana akan merujuk pasien ke RSU dr Soetomo, Surabaya. Hanya saja bayi berjenis kelamin laki-laki ini diprediksi tak akan mampu bertahan bila diberangkatkan ke sana. Karena itu, pihaknya masih menunggu kondisi bayi stabil. Namun, jika tidak segera dibawa, maka kondisinya juga dikuatirkan. Inilah yang menjadi dilemma.

Sementara itu, sang ibu mengaku selama hamil rutin memeriksakan kandungan dan memberi asupan gizi kepada bayinya. Namun, Kurniawati, sang ibu belum pernah melakukan USG (ultrasonografi) saat mengandung bayinya dulu. “Saya berharap pemerintah bisa membantu untuk biaya operasi dan segera merujuknya ke Surabaya,” ungkapnya.

Berdoa agar pintu keluar dibukakan buat keluarga ini. Mereka butuh doa dan bantuan. Namun, setiap hal yang buruk akan ada hal yang indah di baliknya. Di lain sisi, hal ini menjadi pelajaran buat kita semua bahwa pada saat hamil, kita perlu memperhatikan dan melakukan hal-hal yang diperlukan agar bayi yang dilahirkan sehat sempurna. Tapi di samping itu juga, menyerahkan semuanya di tangan Tuhan.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami