Bocah 12 Tahun yang Ditangkap Karena Perdagangan Manusia

Nasional / 20 September 2011

Kalangan Sendiri

Bocah 12 Tahun yang Ditangkap Karena Perdagangan Manusia

Lois Official Writer
1774

Mawar (bukan nama sebenarnya) akan melanjutkan sekolah ke SMP setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Medaeng, Surabaya, Jawa Timur. Menurut pengacara Mawar yang bernama Robert Panggabean, sebelum bocah itu ditahan, keluarganya sudah mendaftarkannya ke sebuah sekolah. Untungnya, meski Mawar sempat ditahan selama tiga bulan, namun pihak sekolah masih tetap mau menerima Mawar.

Selain menyekolahkan kembali, keluarga dan pengacara juga berencana untuk menyediakan psikiater untuk Mawar. Mereka kuatir Mawar sedang mengalami depresi berat. Usai sidang dengan agenda pembicaraan dakwaan kemarin (19/9) Mawar sempat pingsan. Dia dibopong ke ruang tahanan. Tak lama kemudian Mawar sadar dan menangis sejadi-jadinya. Selain itu, pihak keluarga dan pengacara sedang memikirkan untuk memindahkan tempat tinggal agar Mawar tidak terbebani dengan pandangan miring orang-orang di sekitarnya.

Lantas, apakah kejahatan yang dilakukan oleh bocah yang baru berusia 12 tahun itu sehingga dia sampai harus ditahan selama tiga bulan? Mawar ditangkap polisi pada 21 Juli lalu di pos satpam di sebuah penginapan Palem Home Stay. Dia ditangkap saat menunggu temannya, sebut saja Melati, yang diajak kencan oleh pria hidung belang. Mawar dinyatakan bersalah dan dijerat dengan UU Tindak Pidana Perdagangan Manusia. Apalagi menurut seorang saksi menyebut Mawar sebagai orang yang menentukan tarif untuk sekali kencan.

Entah mengapa, dari seorang anak kecil dapat timbul pemikiran seperti itu. Apakah kehidupan ekonomi yang sulit dijalani oleh keluarganya, film-film yang mungkin mempengaruhi pola pikirannya atau hal lainnya? Yang jelas, sejak kecil sudah ada pandangan yang salah. Hal ini membutuhkan kerja keras dari orangtuanya untuk mengubah cara pandang ini dan terutama kerja keras dari psikiater. Dan berharap ke depan nanti, Mawar dengan sepenuhnya menyadari bahwa dirinya butuh bantuan dan butuh Tuhan.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami