Korsel Akan Tempatkan Prajurit Wanita di Garis Depan

Nasional / 16 September 2011

Kalangan Sendiri

Korsel Akan Tempatkan Prajurit Wanita di Garis Depan

Lois Official Writer
2316

Dalam upaya untuk memperluas kesempatan prajurit wanita dalam pasukan militer, Korea Selatan akan menempatkan banyak tentara perempuan di garis depan pertempuran. Untuk itu, menurut Kepala Biro Perencanaan Personel Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Boo Jae-Won, mengatakan akan membuka 12 cabang tempur untuk menampung prajurit-prajurit wanita tersebut.

“Kami akan membuka arteleri dan cabang kendaraan lapis baja untuk perempuan,” kata Boo seperti yang dikutip kantor berita Yonhap. Cabang lainnya adalah pertahanan udara dan kontrol tembak angkatan laut. Rencana ini akan dimulai antara tahun 2012-2014.

Saat ini, jumlah perempuan di militer mencapai 6.957 yang tersebar di empat bidang yaitu angkatan darat, laut, udara, dan korps marinir, menurut Kementerian Pertahanan di sana, namun jumlah ini dianggap masih kurang. Karena itu, pada tahun 2020 Korsel berencana memperbanyak prajurit perempuan menjadi 11.500 orang untuk memenuhi program yang akan dijalankan tersebut.

Meskipun perempuan di Korea Selatan dibebaskan dari program wajib militer, mereka dapat terlibat dengan menjadi relawan, baik sebagai petugas komisi maupun non komisi. Berbeda dengan laki-laki yang dikenai wajib militer selama dua tahun.

Memang emansipasi wanita saat ini begitu kelihatan, bahkan dalam bidang kerja yang berat sekalipun. Namun, pada dasarnya wanita mempunyai sisi feminim dan secara fisik lebih lemah daripada laki-laki. Meskipun memang banyak wanita tangguh yang mampu menggeluti hal-hal berat seperti itu, namun perlu diingat bahwa hakekat awal Tuhan menciptakan wanita adalah untuk menjadi penolong.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami