JK : Konflik di Ambon Itu Kasusnya Sama Seperti di London

Nasional / 13 September 2011

Kalangan Sendiri

JK : Konflik di Ambon Itu Kasusnya Sama Seperti di London

Lois Official Writer
1641

Jusuf Kalla melihat kerusuhan Ambon ini mempunyai persamaan dengan kerusuhan yang terjadi di London baru-baru ini. Persamaan seperti apakah itu? Menurut mantan wakil presiden Jusuf Kalla, kerusuhan yang kembali terjadi di Ambon itu dipicu karena cepatnya beredar isu yang tidak benar. Untuk itu dia meminta semua pihak tidak terpancing. “Saya rasa itu kasusnya sama seperti di Londong, kerusuhan itu karena kecepatan isu yang timbul,” ujarnya.

“Saya berharap pemerintah tegas dan masyarakat juga jangan cepat terpancing dengan isu,” katanya usai memberikan orasi ilmiah pada acara Dies Natalis Universitas Syiah Kuala Banda Aceh ke-50, Senin (12/9). Jusuf Kalla yakin konflik ini bisa segera teratasi jika masyarakat tidak terpancing dengan isu. Pemerintah juga diminta bertindak cepat agar kerusuhan tak menjalar. “Setelah kesalahpahaman itu diatur, saya yakin selesai,” katanya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu mengisahkan upayanya untuk mewujudkan perdamaian di Aceh dan Ambon. Sebagai pengusaha, kata Kalla, dia menggunakan trik dagang untuk menyelesaikan konflik di dua wilayah itu. “Trik dagang itu sangat berguna, dan dapat digunakan dalam keadaan apa saja,” ujarnya.

Lagi-lagi kerusuhan terjadi di bumi pertiwi, kehidupan bermasyarakat di Indonesia kembali terguncang. Lantas sampai dimana tindakan rakyat dalam menghadapi kerusuhan ini? Tips yang sangat sederhana dari Alkitab adalah “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Itulah yang harus dilakukan oleh warga negara di negeri tercinta ini.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami