Apa yang Terjadi Jika Seorang Ayah Punya 150 Anak?

Nasional / 8 September 2011

Kalangan Sendiri

Apa yang Terjadi Jika Seorang Ayah Punya 150 Anak?

Lois Official Writer
2724

Seorang ibu yang bernama Cynthia Dail penasaran dan mencari tahu tentang anak-anak yang dikandung dari sperma donor, termasuk anaknya yang lahir dari hasil donor sperma. Dengan menggunakan registrasi donor untuk melacak, dia menemukan setidaknya ada 150 anak dari sperma donor yang sama dengan ayah anaknya. ”Gila, saat melihat mereka semua bersama-sama, mereka semua terlihat sama,” kata Dail yang kadang-kadang berlibur dengan keluarga lain yang menggunakan donor yang sama.

Masalahnya, kondisi ini dapat membawa resiko gangguan genetic langka. Belum lagi jika terjadi inses yang tidak disengaja antara saudara kandung. Apakah terlalu berbahaya untuk membiarkan satu orang ayah memiliki 150 anak? “Memang sekarang banyak pasangan tak subur memiliki anak-anak dengan bantuan donor sperma, tetapi donor sperma AS perlu diatur, seperti di negara-negara lain,” kata Sam Biddle di Gizmodo. “Tentu, kita membutuhkan beragam kolam gen, tapi jika semua wanita melihat menu dan memilih orang ini, mungkin kita harus membayar dia lebih tinggi atas DNA-nya, dan bukan menghentikannya berproduksi,” tambahnya.

Bagaimana dengan anak-anak? “Tanpa peraturan pemerintah, orangtua telah menciptakan jaringan dengan isu-isu berduri tentang banyak saudara yang dipunyai anak mereka tersebut.” kata Cathy Ruse di National Review. Untuk mengantisipasi, seorang ibu telah menginstruksikan anaknya untuk menghafal nomor donor ayahnya sehingga dia dapat membandingkan catatan dengan pasangannya di masa depan, begitu menurut Ruse. Yang menimbulkan pertanyaan terbesar, seberapa besar kerusakan akibat memiliki 150 saudara terhadap jiwa seorang anak kecil?

Hal ini jelas membuktikan bahwa rancangan manusia yang ingin ‘menjadi’ Tuhan membawa masalah baru lainnya. Sebaliknya, manusia perlu menyadari apa yang sudah Tuhan taruh di dalam kehidupan kita, semuanya adalah yang terbaik. Dia mempunyai rancangan terindah, melebihi rancangan terindah yang kita rancangkan. Jauh jauh lebih indah. Jadi, percayalah penuh pada-Nya dan bukan pada manusia.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami