Di Bandara Perancis, Manusia Virtual Mulai Gantikan Pegawai

Nasional / 4 September 2011

Kalangan Sendiri

Di Bandara Perancis, Manusia Virtual Mulai Gantikan Pegawai

Lois Official Writer
2253

Agen penerbangan ini selalu tersenyum selama 24 jam untuk Anda. Di bandara Perancis, pegawai virtual ini dapat menyapa para penumpang. Hal ini guna menggantikan tenaga kerja manusia yang tak bisa selalu tersenyum dan butuh istirahat. Proyek awal berlangsung di bandara Orly Perancis mulai bulan lalu.

Begitu meyakinkannya, seringkali ada orang yang mencoba menyentuh dan berbicara dengan gambar video yang menyapa mereka dan mengarahkan mereka ke gerbang penerbangan. “Selamat pagi. Silahkan pergi ke gerbang boarding. Bandara Paris mengucapkan selamat bepergian,” kata pegawai virtual tersebut. Sejauh ini, proyek ini berhasil menghibur para pelancong dan membuat mereka terkejut. Gambar yang muncul begitu saja ketika agen penerbangan (manusia) menekan tombol untuk memberi sinyal penerbangan akan dimulai..

Sebanyak tiga agen bandara nyata difilmkan di studio untuk menciptakan ilusi yang diharapkan lebih menarik dan mudah bagi penupang memahami mereka dibanding layar terminal elektronik tradisional. Pegawai virtual ini diproyeksikan ke siluet dengan bentuk manusia yang terbuat dari plexiglass. Direktur operasional bandara Didier Leroy mengatakan bahwa percobaan bandara dengan realitas virtual ini akan dievaluasi pada akhir tahun.

Tentunya hal ini akan membuat pekerjaan pegawai manusia di bandara akan lebih mudah, karena tidak harus berdiri dan mengucapkan salam serta tersenyum. Di lain sisi, kemungkinan akan berdampak pada makin sempitnya lapangan pekerjaan yang bisa dilakukan manusia, jika pegawai virtual ini dapat menggantikan manusia yang sesungguhnya.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami