Hacker : Facebook Menjual Informasi Pribadi Anda

Nasional / 12 August 2011

Kalangan Sendiri

Hacker : Facebook Menjual Informasi Pribadi Anda

Lois Official Writer
2440

Belakangan ini banyak beredar kabar agar seluruh pemilik akun Facebook menutup akunnya pada tanggal 5 November mendatang. Gerakan untuk menutup akun Facebook ini sudah disebarkan sejak bulan lalu melalui Twitter dan mengirimkan video ke YouTube. Hal ini diserukan oleh para hacker yang tergabung dalam kelompok Anonymous. Menurut kelompok peretas pendukung Wikileaks itu, mereka bertekad untuk menjatuhkan pamor Facebook karena telah melanggar privasi penggunanya.

Anonymous merupakan kelompok peretas yang menyebar melalui internet secara sembunyi-sembunyi. Group ini pertama kali berdiri tahun 2003 dengan nama 4chan. Namun baru dikenal luas pada akhir 2006. Anonymous memilih tanggal 5 November untuk menjalankan misi ‘Operation Facebook’ karena pada hari itu terjadi peristiwa ketika Guy Fawkes mencoba meledakkan gedung parlemen pada tahun 1605.

Menurut Anonymous, Facebook telah menjual informasi kepada badan-badan pemerintah dan memberikan akses rahasia untuk perusahaan keamanan informasi sehingga mereka dapat memata-matai setiap orang di seluruh dunia. “Meskipun Anda telah menghapus akun, tapi data-data diri Anda tetap tersimpan di Facebook,” kata Anonymous, seperti dikutip Daily Mail. “Suatu hari nanti Anda semua akan menyadari apa yang kami lakukan adalah langkah yang tepat dan Anda akan berterima kasih,” katanya. “Kami justru menyelamatkan Anda.”

Namun, beberapa kegiatan yang pernah dilakukan Anonymous ini justru bertolak belakang dengan tujuan terakhirnya yang ingin menyelamatkan informasi pengguna Facebook. Sebelumnya, mereka pernah membobol akun berbagai bank, Pentagon, dan News Corp. Tahun lalu, kelompok ini menyerang PayPal, MasterCard, dan Visa karena telah membekukan rekening Wikileaks. Meskipun ada yang menanggapi ajakan mereka ini, namun ada juga yang tidak. Eugene Kaspersky misalnya. “Serangan kepada Facebook pada 5 November itu mungkin saja palsu.”

Suatu benda yang busuk, biasanya akan ketahuan juga akhirnya meskipun sudah disembunyikan sebaik-baiknya. Suatu perbuatan yang jelek, akhirnya nanti akan ketahuan juga. Benarkah Facebook menjual informasi penggunanya kepada pihak-pihak lain? Hal itu akan terbukti juga benar atau tidaknya.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami