Teolog : Kristen dan Muslim Amerika Punya Hubungan Membaik

Internasional / 8 August 2011

Kalangan Sendiri

Teolog : Kristen dan Muslim Amerika Punya Hubungan Membaik

Lois Official Writer
2500

Peringatan tragedi 11 September 2001 yang ke-10 tahun mendatang, tak diragukan lagi bakal membangkitkan kenangan menyakitkan bagi seluruh warga Amerika Serikat. Meski demikian, menurut teolog dari Providance College Sandar Keating menilai ada beberapa kemajuan yang mengejutkan dalam hubungan antara Kristen dengan Muslim di AS. Kemajuan itu tampak dari dialog yang dibangun menuju arah yang positif.

Keating yang dijadwalkan akan menjadi pembicara dalam dialog bertajuk ‘Jalan Menuju Pemahaman Hubungan Antara Katolik dan Muslim’ yang berlangsung di Gereja Paroki Kristus ini mengatakan bahwa di masa lalu sulit bagi komunitas Muslim untuk menawarkan dialog kepada umat Kristen. Kondisi ini terjadi lantaran mereka masih diliputi suasana emosional.

Bagaimanapun juga menurutnya saat ini gereja Katolik dan Protestan, lembaga sekuler, dan komunitas Muslim telah meningkatkan upaya mereka untuk membantu memperbaiki hubungan. “Untuk pertama kalinya ada diskusi serius tentang kebebasan beragama di negara-negara bagian yang terdapat populasi Muslim,” katanya. Keating juga mengatakan pentingnya bagi kedua agama dengan jumlah pemeluk terbesar di dunia untuk menjalin hubungan yang harmonis. “Tanpa itu, prospek jangka panjang (untuk perdamaian dunia) tidak akan terwujud,” katanya.

Memang begitulah yang seharusnya terjadi, ketika hubungan yang baik antara kedua agama terbesar di dunia dapat terjalin, maka perdamaian di seluruh dunia akan tercipta. Mereka akan saling menghormati, menghargai, dan memberikan kebebasan setiap orang untuk memeluk suatu agama yang diyakini tanpa ada penyerangan maupun hal-hal yang merusak lainnya.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami