Bisa Awet Muda Berkat Penemuan Terbaru Ilmuwan

Nasional / 21 July 2011

Kalangan Sendiri

Bisa Awet Muda Berkat Penemuan Terbaru Ilmuwan

Lois Official Writer
3783

Di London, tim ilmuwan mengklaim berhasil mengungkap rahasia panjang umur. Obat anti penuaan ini melindungi Telomeres, bagian DNA yang diduga kuat menjadi kunci proses penuaan. Sayangnya, rahasia ini baru bisa diterapkan untuk hewan peliharaan.

Ilmuwan mengemukakan pendapatnya bahwa Telomeros itu sangat berperan serta dalam proses penuaan. Mereka menduga penuaan terjadi karena adanya pemendekan telomeres pada gen manusia semasa hidupnya. Karena itu, mereka mencoba mencari obat yang menghambat telomeres memendek. Tim riset Amerika mengaku menemukan cara memperlambat, bahkan membalikkan proses pemendekan itu. Suatu penemuan yang luar biasa jika ini benar berhasil.

Secara teori, memang hal ini bisa memperpanjang usia. Akibat penemuan ini, ilmuwan penemu Sierra Sciences, Bill Andrews, yang memimpin tim riset ini menjadi terkenal. Andrews mendirikan perusahaannya itu guna mencari cara menginduksi sel agar mau menghasilkan Telomeres dan melindunginya agar tak membusuk. Temuan baru yang akan dipresentasikan Agustus mendatang ini akan diadakan di sebuah konferensi di Cambridge. Hampir 40% zat berbeda berkontribusi pada produksi Telomeres.

“Menginduksi sel agar mau memproduksi Telomeres akan menjadi kemajuan medis luar biasa. Sayangnya, untuk beberapa tahun ke depan, temuan ini belum bisa diterapkan pada manusia,” ujarnya. Karena perawatan ini belum dinyatakan aman bagi manusia. Untuk saat ini, perawatan baru tersedia untuk hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing.

Setiap kehidupan makhluk hidup di dunia ini ada masa dan waktunya. Ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, maka saat itulah maut menjadi ‘hukuman’ buat manusia. Penemuan ini memang luar biasa karena dapat memperpanjang kehidupan makhluk hidup, namun kita perlu mengingat kembali bahwa semuanya itu berada di dalam tangan Tuhan semata.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami