Fauzi Bowo : Gara-Gara Asbak Saya Jadi Gubernur

Nasional / 22 June 2011

Kalangan Sendiri

Fauzi Bowo : Gara-Gara Asbak Saya Jadi Gubernur

Lois Official Writer
2095

Selamat ulang tahun kota Jakarta! Semakin ke depan tentunya Jakarta terus berbenah meskipun kini sudah memasuki usia ke-484 tahun, sehingga ke depannya Jakarta menjadi contoh bagi kota-kota besar lainnya. Fauzi Bowo yang merupakan gubernur Jakarta, tentu punya banyak cerita mengenai Jakarta tercinta. Di balik wajahnya yang selalu terlihat serius, ternyata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyimpan cerita lucu.

Begini ceritanya. “Waktu itu saya baru jadi peneliti di Bappeda,” ujarnya. Suatu saat dalam rapat, Gubernur Jakarta saat itu yang bernama Ali Sadikin (almarhum) marah hingga sebuah asbak tak sengaja melayang ke arah Foke muda. “Mungkin karena asbak itu saya jadi gubernur,” katanya menyulut tawa semua orang yang hadir dalam acara bertema “Nyablak Bareng Bang Foke” yang diselenggarakan oleh Delta FM, Obrolan Langsat, dan Tempo Interaktif.

Foke juga mengatakan bahwa Jakarta bukan hanya milik warga Jakarta tapi lebih luas lagi karena sebagai ibukota negara, Jakarta milik semua masyarakat Indonesia. “Jadi ketika kota Jakarta berulangtahun, kesukacitaan tidak hanya dirasakan warga Jakarta tapi juga bangsa Indonesia,” kata Foke.

Ketika ditanya mengenai program pembangunan apa saja yang telah berhasil dijalankan, Foke menjawab bahwa saat ini kesehatan untuk warga yang tidak mampu sudah gratis. Biaya pendidikan untuk tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas juga gratis. Begitu pula dalam hal kualitas pendidikan, tingkat kelulusan ujian nasional di DKI mencapai 99 persen, paling tinggi di seluruh Indonesia. Untuk kesehatan, angka kematian bayi dan ibu melahirkan turun drastic. Angka kemiskinan pun menurun 3.4 persen.

“Untuk ini kami percaya solusinya adalah pendidikan kejuruan untuk melahirkan tenaga kerja terampil yang sesuai dengan kebutuhan di Jakarta. Ini menjadi prioritas utama Dinas Pendidikan Pemprov DKI saat ini. Pembangunan ekonomi Jakarta tumbuh 6.5 persen per tahun. Tapi ini kan sekaligus juga menambah masalah sosial dan lingkungan yang perlu ditangani sekaligus diselesaikan. Tapi kami akan coba memperbaiki kinerja untuk Jakarta,” ungkap Foke. Tentunya seluruh masyarakat harus berperan serta dalam menciptakan kondisi yang nyaman di DKI Jakarta ini.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami