JK : PMI Akan Bangun Pabrik Donor Darah Sendiri

Nasional / 30 May 2011

Kalangan Sendiri

JK : PMI Akan Bangun Pabrik Donor Darah Sendiri

Lois Official Writer
2284

Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) berencana membangun pabrik kantong darah di Indonesia. Pembangunan pabrik itu untuk mengurangi ketergantungan kantong dari Singapura. “Selama ini kebutuhan kantong darah di Indonesia didatangkan dari Singapura, sehingga JK berencana membangun pabrik,” kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana (PB) PMI Arifin Muhammad ketika membawakan materi pada sosialisasi tentang Palang Merah di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin 30 Mei 2011.

“Biaya darah mahal, karena kantong darah kita datangkan dari luar negeri,” katanya. Selama ini, lanjut Arifin, masyarakat selalu membeli darah, karena kantong darah di Indonesia masih didatangkan dari Singapura. Dengan dibangunnya pabrik kantong darah, diharapkan harga darah semakin murah. Dia juga mengatakan bahwa pemenuhan kebutuhan darah di Indonesia masih jauh dari harapan. Baru 2.5 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mendonorkan darah. Stok darah yang tersedia setiap hari pun masih kurang, hanya sekitar 2 juta kantong, padahal idealnya harus tersedia 4 juta kantong per hari di seluruh unit transfusi darah di Indonesia.

“JK berharap dalam sehari terdapat 4 juta kantong darah yang ditransfusi untuk kebutuhan masyarakat, namun belum terpenuhi,” katanya. Rencananya, pabrik itu akan dibangun di Cikarang, Jawa Barat pada tahun ini juga.

Kesadaran masyarakat akan mendonor memang perlu terus digalakkan. Selain itu, darah yang didonorkan ada baiknya diperiksa lebih dahulu, benarkah layak untuk didonorkan. Hal ini merupakan kemajuan dari bangsa Indonesia. Ditambah lagi, staf Divisi PB PMI, Beita Duy, menambahkan PMI telah memiliki sejumlah peralatan penunjang evakuasi korban bencana, di antaranya 10 helikopter, ambulans, mobil dapur umum. Wow, sungguh suatu kemajuan yang luar biasa. Kiranya PMI makin maju dan membantu mereka yang ada dalam keadaan darurat tepat waktu dan cepat.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami