Ini Dia Bahaya Tersembunyi dalam Perawatan Kecantikan

Fit & Charming / 28 May 2011

Kalangan Sendiri

Ini Dia Bahaya Tersembunyi dalam Perawatan Kecantikan

Lois Official Writer
3261

Mungkin Anda sudah terbiasa melakukan perawatan kecantikan seperti waxing, bleaching, manikur, pedikur, maupun tindik. Tapi, apakah Anda tahu bahwa berbagai perawatan itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan? Karena itu, sebelum terlambat, ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali sejumlah bahaya yang tersembunyi dan pelajari cara aman melakukannya.

Waxing. Melakukan waxing terhadap bulu di wajah dan tubuh bisa merobek potongan-potongan kecil lapisan terluar kulit sehingga mengekspos tubuh terhadap bakteri. Proses ini juga akan menimbulkan peradangan, yang dapat memerangkap bakteri di bawah kulit. Infeksi kulit dan rambut yang tumbuh juga menjadi resiko yang harus dipertimbangkan sebelum waxing.

Situs womenshealthmag.com menyarankan untuk memilih fasilitas waxing dengan seksama. Pastikan ahli kecantikan Anda sudah mendapatkan lisensi dan cobalah metode hard wax yang baru. Metode ini lebih lembut daripada wax reguler dan menempel di bulu, bukannya di kulit. Pastikan pula aplikator yang sama tidak dicelupkan dua kali ke dalam lilin. Tindakan ini dilarang keras karena dapat mentransfer bakteri ke dalam panci.

Bleaching. Bahan-bahan kimia dalam bahan bleaching yang digunakan dapat menyebabkan reaksi seperti lecet dan luka bakar kimia. Pastikan ahli pewarna rambut mengetes kulit Anda terlebih dahulu untuk mencari tahu setiap sensivitas kimia atau reaksi abnormal lain yang mungkin muncul. Tips lainnya : lindungi kulit serta mata dari kontak langsung dengan pewarna rambut jika Anda melakukan perawatan itu sendiri di rumah. Jika Anda ingin mewarnai rambut gelap Anda menjadi terang, ahli pewarnaan harus melakukan conditioning untuk menjaga rambut tidak rusak. Jangan mewarnai rambut lebih dari sekali dalam dua sampai tiga minggu, dan delapan minggu sekali untuk highlight.

Menikur dan pedikur. Situs thebeautybrains memperingatkan, pusaran air di dalam baskom mungkin telah terkontaminasi bakteri mycobacterium fortuitum, yang dapat menyebabkan benjolan merah seperti gigitan nyamuk hingga bisul. Baskom yang dipasang langsung pada kursi malah lebih besar resikonya, karena susah dibersihkan. Alat-alat menikur dan pedikur yang tidak dibersihkan secara benar juga dapat menimbulkan resiko. Jadi, pertimbangkan untuk membawa sendiri peralatan Anda ke salon. Langkah ini merupakan satu-satunya cara untuk menghindari diri menerima penyakit dari pelanggan lain.

Tindik. Tindik tubuh tidaklah dibenarkan dalam kekristenan. Namun, bagi wanita pada umumnya, atau jika Anda ingin menindik telinga anak Anda untuk pertama kali, disarankan situs familydoctor.com untuk memastikan semua alat tindik non-disposable disterilkan dengan autoclave, yakni sebuah mesin yang menggunakan panas untuk membunuh kuman berbahaya dan membantu memastikan semua peralatan bersih sebelum menyentuh telinga Anda. Hindari perhiasan nikel dan kuningan karena dapat menyebabkan reaksi alergi. Sebaiknya, cari perhiasan yang terbuat dari titanium, emas 14 karat, atau baja surgical-grade. Buatlah janji hanya dengan salon tindik professional.

Anda begitu penting, jadi tubuh pun harus dijaga. Memang tidak ada salahnya menggunakan hal-hal di atas untuk mempercantik diri, asal jangan membahayakan diri Anda. Karena itu, jaga diri Anda.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami