Puncak Badai Matahari Sebabkan Listrik Padam Berbulan-Bulan

Nasional / 23 May 2011

Kalangan Sendiri

Puncak Badai Matahari Sebabkan Listrik Padam Berbulan-Bulan

Lois Official Writer
3627

Seorang ilmuwan ternama dari Badan Samudera dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat Dr. Kathryn Sullivan memperingatkan bahwa badai matahari akan mencapai puncaknya dua tahun lagi yaitu tahun 2013. Badai matahari ini dapat menyebabkan rusaknya satelit komunikasi, sistem navigasi, jaringan telepon, dan peralatan tranmisi listrik.

Badai ini juga melepaskan partikel yang mampu merusak sirkuit komputer secara sementara maupun permanent. “Ini benar-benar bakal menjadi sebuah masalah ketika badai matahari itu menghantam planet kita,” kata mantan astronot NASA yang pada tahun 1989 menjadi perempuan pertama yang berjalan di ruang angkasa ini dalam Konferensi PBB mengenai iklim global di Jenewa, Swiss.

Peringatan serupa juga pernah disampaikan para ahli astronom Februari lalu. Menurut mereka, manusia bakal lebih rentan terhadap akibat puncak badai matahari pada 2013. Mereka meminta semua negara bersiap menghadapi musibah global semacam topan Katrina yang pernah menghantam Amerika. Para ahli juga memperingatkan badai matahari mendatang dapat menyebabkan listrik di seluruh dunia mati selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Terakhir badai matahari berlangsung tahun 2001, namun efeknya terhadap bumi lemah. Puncak badai matahari yang berlangsung saban 11-12 tahun ini pernah menyebabkan jaringan telepon jarak jauh di Negara Bagian Illinois, Amerika terputus pada tahun 1972. Peristiwa serupa tahun 1989 juga mengakibatkan listrik mati di seluruh Provinsi Quebec, Kanada. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Jika listrik benar-benar akan mati tahun 2013, maka kita harus mencari jalan keluar terbaik untuk menghadapi masalah ini. Namun, kita berdoa agar dampak yang dirasakan lemah dan bahkan tidak berdampak sama sekali.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami