Jangan Sia-Siakan Kebangkitan Nasional yang Dibina Pendahulu Kita

Nasional / 18 May 2011

Kalangan Sendiri

Jangan Sia-Siakan Kebangkitan Nasional yang Dibina Pendahulu Kita

Lois Official Writer
3221

Pada hari Minggu, 20 Mei 1908, pada pukul sembilan pagi, bertempat di salah satu ruang belajar STOVIA, Soetomo menjelaskan gagasannya. Dia menyatakan bahwa hari depan bangsa dan tanah air ada di tangan mereka. Maka lahirlah Boedi Oetomo. Budi Utomo adalah organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik. Berdirinya Budi Utomo ini menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Saat ini berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Hari Kebangkitan Nasional tercipta karena gerakan pemuda yang menginginkan kemerdekaan. Sayangnya, rasa nasionalisme itu sudah hilang sengatnya tak tahu kemana. Malahan di Surabaya, usai pengumuman lulusan siswa SMA/SMK, kalangan anak baru gede (ABG) yang rata-rata berusia 15-18 tahun menyerbu lokasi Kenpark Kenjeran Surabaya. Kebanyakan dari mereka terlihat asyik berpacaran memadu kasih dan memarkir kendaraannya di semak belukar sekitar lokasi pacuan kuda dan arena balapan.

Ada yang sekedar duduk-duduk di pinggiran pantai sambil menikmati hidangan yang dijual seperti jagung bakar, maupun es kelapa muda. Tidak sedikit yang memilih check in di beberapa motel di dalam Ken Park. Tarif yang dikenakan pun murah hanya Rp 40 ribu untuk kamar Melati dan Rp 55 ribu untuk Dahlia. Selain motel, pengunjung yang membawa mobil juga terlihat banyak yang bermesraan di dalam mobil yang diparkir di area Kenpark, selain itu malahan ada yang bermesraan di dalam taxi dan menyuruh sopirnya untuk keluar. Bahkan banyak juga yang memilih bermesraan di bangunan bilik-bilik yang menjorok ke pantai.

Itulah yang terjadi di jaman sekarang ini. Indonesia menghadapi tantangan baru. Generasi penerus yang harus terus dibina agar dapat menjadi penerus dan memajukan bangsa Indonesia di masa mendatang. Kalau tidak, apa yang akan terjadi dengan bangsa ini?

Sumber : inilah-wikipedia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami