Gereja Anglikan Nigeria Tolak Perbankan Syariah Diterapkan

Internasional / 17 May 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Anglikan Nigeria Tolak Perbankan Syariah Diterapkan

daniel.tanamal Official Writer
3139

Atas konflik dan peristiwa yang terjadi diantara masyarakat Nigeria terutama isu kericuhan yang mengatasnamakan agama juga pada dua kubu antara warga di selatan dan utara, Gereja Anglikan Nigeria menolak semua bentuk sistem keagamaan untuk dimasukkan kedalam negara, salah satunya adalah sistem ekonomi perbankan syariah yang dikhawatirkan dapat dipakai untuk melegitimasi satu kelompok tertentu.

Dalam sebuah pertemuan keuskupan yang diselenggarakan di Otorho, Keuskupan Aglikan Ughelli menilai legalitas tersebut tidak memiliki ketentuan hukum yang kuat dari Parlemen Nigeria. Sinode ini menilai perbankan syariah dapat memancing reaksi negatif dari warga non Muslim.

Dikutip situs berita Daily Independent, Presiden Sinode dan Uskup Keuskupan Ughelli menandatangani pernyataan sikap untuk menolak hal ini. “Pemerintah harus meninjau kembali aturan tersebut,” kata mereka yang yakin jika sistem ini diterapkan akan mempengaruhi keamanan dalam negeri Nigeria.

Seperti diberitakan konflik berkepanjangan yang melanda Nigeria mengakibatkan banyak warganya terbunuh akibat aksi kekerasan terkait pemilihan umum yang dimenangkan Goodluck Jonathan. Pria beragama Kristen yang berasal dari selatan Nigeria itu memenangi 57% dari total pemilihan dengan 22,5 juta suara jika dibandingkan dengan rivalnya, Jenderal Muhammadu Buhari, yang memeroleh 12,2 juta suara. Hasil inilah yang membuat ketidakpuasan warga Muslim di Nigeria Utara, akibat kekalahan calon presiden dari oposisi, Muhammad Buhari.

 

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami