Pendeta Marinir AS Perbolehkan Prajurit Menikah Sejenis

Internasional / 14 May 2011

Kalangan Sendiri

Pendeta Marinir AS Perbolehkan Prajurit Menikah Sejenis

daniel.tanamal Official Writer
4990

Kepala pendeta Angkatan Laut AS, Laksamana M.L. Tidd menuai kontroversi usai menyerukan memperbolehkan pernikahan sejenis di kalangan tentara Angkatan Laut AS. Menurut Tidd, perkawinan sesama jenis bisa saja dilegalkan oleh catatan sipil.

Dirilis Reuters Kamis (12/5), Tidd mengirimkan memo kepada Sekretaris Angkatan Laut AS Ray Mabus yang isinya mempertanyakan apakah perkawinan sejenis di kalangan militer AS akan melanggar undang-undang federal 1996, yang mendefinisikan "pernikahan" sebagai kesatuan hukum antara seorang pria dan seorang wanita. "Apakah pernikahan sesama jenis melanggar Doma, yang masih menjadi aturan bagi militer kita, termasuk pendeta," demikian tertulis dalam surat tersebut.

Penyataan itupun lantas membuat pengacara militer Amerika Serikat segera mengkaji apakah diperbolehkan, mengingat selama ini ada larangan pengakuan gay secara terbuka di lingkungan angkatan bersenjata AS.
 
Juru Bicara Pentagon, Kolonel David Lapan mengatakan memo yang dikirimkan oleh Laksamana Tidd ini telah mendorong diskusi antara Departemen Pertahanan dan pengacara Angkatan Laut AS yang menyebabkan larangan kawin sesama jenis ini ditinjau ulang. "Memo tersebut mengangkat pertanyaan tentang implikasi kebijakan dan hukum yang memerlukan penelaahan lebih lanjut," kata Lapan.

Tidak jelas apakah peninjauan aturan ini akan mempengaruhi Angkatan Darat dan angkatan-angkatan lainnya di lingkungan militer AS. Namun tentu saja apapun hasilnya nanti akan berdampak terhadap citra keyakinan itu sendiri mengenai kebenaran dalam tafsir yang berbeda-beda di tiap pemimpin agamanya.

Sumber : Reuters/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami