13 ABK Masih Ditahan, DPR Kirim Pesan Ke Pemerintah

Nasional / 5 May 2011

Kalangan Sendiri

13 ABK Masih Ditahan, DPR Kirim Pesan Ke Pemerintah

Budhi Marpaung Official Writer
3728

Sejumlah anggota DPR RI ramai-ramai memberikan opini seputar kapal MT Gemini asal Singapura yang sudah enam hari ini dibajak oleh perompak Somalia.

Secara umum, pendapat mereka hampir sama, yakni meminta pemerintah Indonesia lebih intensif membangun komunikasi dengan pemerintah Singapura mengingat ada 13 warga negara Indonesia yang berada di kapal tersebut.

"Tugas pemerintah kita harus mendesak perusahaan tersebut agar menyelamatkan ABK sebagai tanggung jawab melindungi warga negara," kata Sidarto Danusubroto, anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), seperti dilansir Rakyat Merdeka Online, Rabu (4/5).

"Pemerintah Indonesia harus semakin intensif berkomunikasi dengan pihak Singapura," demikian pendapat Tantowi Yahya yang juga merupakan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Kamis (5/5) pagi tadi.

Namun begitu, Tantowi menilai pihak yang melakukan negosiasi dengan perompak haruslah tetap Singapura dan perusahaan yang menaungi kapal MT Gemini.

"Dan kita yakin, Singapura bisa menyelesaikan ini. Selain terkait dengan citra internasional, Singapura juga lebih canggih dari kita," ujarnya.

Untuk diketahui, Kapal MT Gemini yang merupakan milik Glory Ship Management direbut para perompak pada Sabtu pekan lalu (30/4), sewaktu kapal sedang berlayar menuju kota pelabuhan Mombasa, di Kenya.

Pihak manajemen menyatakan, mereka yakin perompak merebut kapal MT Gemini yang berawak, diantaranya 13 WNI, lima warga Tiongkok, empat Korea Selatan dan tiga warga Myanmar.

Sekali lagi tanggung jawab pemerintah atas warga negaranya akan dinilai oleh rakyat. Jika hal ini tidak bisa diselesaikan dengan baik maka dapat dipastikan kepercayaan rakyat kepada pemegang otoritas di negara ini akan turun. Sebaliknya, jika berhasil diatasi maka tidak hanya kepercayaan yang akan didapat, tetapi rasa hormat dari rakyat akan diterima. Selamat bekerja keras pemerintah !!!

Sumber : Rakyat Merdeka Online / Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami