Apong, Sediakan Seafood dengan Rasa Murni yang Nikmat

Entertainment / 5 May 2011

Kalangan Sendiri

Apong, Sediakan Seafood dengan Rasa Murni yang Nikmat

Lois Official Writer
4895

Makasar memang terkenal dengan masakan seafood-nya yang membludak. Namun, setiap seafood yang disajikan tentu saja mempunyai rasa dan ciri khas sendiri, sesuai dengan koki yang memasaknya. Sekalipun tidak populer di kalangan turis, restoran ini punya reputasi di kalangan mereka yang mengenal kualitas. Rumah makan yang terletak di kawasan Chinatown-nya Makasar ini bernama Apong.

“Persediaan ikannya komplet. Banyak jenisnya dan selalu segar,” kata Yulianti, salah satu pelanggan tetap di sana. “Di sini tempatnya aliran purist (murni) menikmati seafood. Dibakar polos saja.” tambahnya. Sesuai dengan perkataan Yulianti, memang persediaan seafood di sini banyak dan beraneka ragam. Ada banyak menu makanan yang bisa Anda pilih.

Cara makan ikan di Makasar bukan seperti di Jakarta. Satu mulut untuk satu ekor ikan. Berbeda sekali dengan orang Jakarta yang makan satu ekor ikan untuk bertiga atau berempat. Ikan-ikan yang ada seperti kudu-kudu, su’kang, sunu, dan gindara. Su’kang dan sunu disajikan secara purist. Ikan sunu dikukus dengan bumbu minimalis. Su’kang dibakar dalam bungkus daun pisang. Enaknya, ikan bakar di Makasar tidak pernah menampilkan kulit yang gosong. Tingkat kematangan dagingnya sempurna.

Ikan kudu-kudu wajib digoreng dengan tradisi. Ikan kudu-kudu ini bentuknya unik. Berpenampang kotak dengan kulit keras. Konon, kalau menabrak kapal selam, maka kapal selamnya yang akan bocor. Lalu, bagaimana bisa dimakan? Ternyata orang Makasar punya trik jitu. Ikan kudu-kudu tersebut di-dust dengan tepung kering, lalu di-deepfry dengan cepat. Kulitnya juga digoreng sekalipun tidak dimakan agar penampilannya tampak cantik.

Ikan gindara sendiri dibakar dengan saus spesial Apong. Lembut dengan tone manis. Semua ikan baik yang dibakar, goreng atau dikukus, disantap dengan cocolan sambal yang diracik sendiri. Di meja sudah tersedia berbagai jenis sambal seperti tauco, terasi, bawang, serta raca mangga (mangga setengah muda dirajang halus). Semuanya dicampur jadi satu, ditambah cili padi (cabe rawit kecil yang sangat pedas), akan membuat pecinta sambal akan tergila-gila.

Restoran Apong memang setia dalam mempertahankan reputasinya sebagai rumah makan seafood dengan selera purist tiada duanya. Jika Anda ke Makasar, coba rasakan sendiri kenikmatan berbagai makanan yang ada di Restoran Apong Seafood ini, yang terletak di Jl. Pangeran Diponegoro 95A, Makasar.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami