Gula Jadi Racun Kalau Dikonsumsi 8 Sendok Sehari Lho

Gizi & Nutrisi / 4 May 2011

Kalangan Sendiri

Gula Jadi Racun Kalau Dikonsumsi 8 Sendok Sehari Lho

Lois Official Writer
3908

Pakar kesehatan di Los Angeles mengatakan bahwa gula yang dikonsumsi berlebihan akan memicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes dan kegemukan. Apapun jenis gulanya, tidak baik buat kesehatan. Bahkan gula bisa disebut racun jika dikonsumsi lebih dari 8 sendok teh dalam sehari.

Gula tebu mempunyai fruktosa yang strukturnya lebih sederhana dibandingkan gula pasir. Makin sederhana struktur gulanya, makin mudah diserap oleh tubuh dan meyebabkan lebih cepat menaikkan kadar gula dalam darah. Gula jagung malah lebih berbahaya dari gula pasir atau gula tebu. Hal ini sangat berbahaya bagi pengidap diabetes karena bisa memicu berbagai kompilasi termasuk gangguan jantung.

Ahli endokrinologi dari University of California, Dr. Robert Lustig mengatakan bahwa gula tetap berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Ironisnya, konsumsi gula orang Amerika justru semakin meningkat dalam 30 tahun terakhir. Akibatnya, bukan hanya jumlah penderita obesitas yang meningkat tapi tingkatan penyakitnya juga meningkat menjadi tipe 2 karena dipicu pola makan yang tidak sehat itu.

Terlebih lagi, berbagai jenis makanan olahan di negara tersebut masih menggunakan gula jagung, sementara konsumen jarang memperhatikan label yang tercantum dalam kemasan. Berbagai jenis penyakit kronis banyak ditemukan di Amerika Serikat karena orang-orang di negara itu rata-rata mengkonsumsi gula 4 kali lebih banyak dari yang dianjurkan. Selidiki pemakaian gula Anda sehari-hari, apakah masih dalam taraf wajar. Sudah seharusnya kita peduli apa yang masuk ke tubuh kita.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami