Yohanes Surya, Bersinar Secerah Surya Buat Anak Indonesia

Nasional / 1 May 2011

Kalangan Sendiri

Yohanes Surya, Bersinar Secerah Surya Buat Anak Indonesia

Lois Official Writer
4766

Di balik keberhasilan seseorang tentu ada orang lain yang mendukung dan menyokong mereka. Di balik keberhasilan anak-anak yang berhasil mengukir sejarah di bidang Sains Internasional, sampai mereka mendapat penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ada seseorang yang bernama Yohanes Surya. Siapakah Yohanes Surya ini?

Yohanes Surya berhasil menyelesaikan program Master-nya pada tahun 1990, bahkan ketika dia berhasil menyelesaikan gelar Doktornya di Amerika Serikat tidak membuatnya lupa akan negara asalnya, Indonesia. Sejak tahun 1993 sampai tahun 2007, dia telah berhasil meraih 42 medali perunggu, 33 medali perak, dan 54 medali emas dalam berbagai kompetisi sains di seluruh dunia, sesuatu yang kelihatannya tidak bisa diraih oleh anak-anak Indonesia.

Keberhasilan-keberhasilan yang dia capai, tidak membuatnya cepat puas. Dia ingin memberikan sesuatu yang lebih. Dia tidak ingin mengenyam keberhasilan itu sendiri, tapi dia ingin anak-anak Indonesia juga mendapatkannya. Karena itulah, dia mendirikan Surya Institute. Sejak tahun 2009, Surya Institute bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan ilmu Matematika yang dikenal dengan metode Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan)

Program ini kemudian dikembangkan kepada beberapa kelompok seperti Gipika (Gerakan Ibu-Ibu Pandai Matematika). Bukan hanya ibu-ibu rumah tangga yang mengikuti program ini tapi juga karyawan bahkan sarjana S1 pun mengikutinya. Selain Gipika, terdapat juga kelompok guru-guru. Kelompok ketiga adalah kelompok prototype. Kelompok ini adalah kelompok anak-anak Papua yang dipilih dari yang paling mampu matematika sampai yang tidak mampu sekalipun. Materi SMP dan SMA bahkan dibagikan dalam satu semester dengan cara yang asyik.

Apa yang dilakukan Yohanes ini mencetak anak-anak berprestasi. Selain itu, inilah salah satu harapan baru yang dapat membawa Indonesia keluar dari kebodohan. Yohanes Surya memberikan harapan baru itu kepada semua generasi penerus Indonesia. Apakah yang dapat dilakukan oleh Paulus, Daniel, Samuel, Timotius, Adi, Maria, Sinta, atau siapapun nama Anda agar bangsa kita dapat lebih baik lagi?

Sumber : anakbersinar/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami