Bukit Salib : Tempat Bagi Harapan, Damai, Kasih, dan Pengorbanan

Internasional / 20 April 2011

Kalangan Sendiri

Bukit Salib : Tempat Bagi Harapan, Damai, Kasih, dan Pengorbanan

Lois Official Writer
5334

Sebuah Bukit Salib di Lithuania ditutupi lebih dari 100 ribu salib adalah salah satu tempat ziarah umat Kristiani menjelang hari raya Paskah. Letak tepatnya adalah 12 km dari kota Siauliai, Lithuania Utara. Sesuai dengan namanya, perbukitan ini dipenuhi oleh banyak salib yang dibawa oleh kaum peziarah dari seluruh dunia.

Pada abad ke 14, jaman pemerintahan kekaisaran Teuton, daerah perbukitan ini merupakan tempat peperangan antara rakyat Lithuania melawan penjajah asing. Kaisar lalu mendirikan beberapa salib di bukit tersebut untuk memperingati pertempuran itu. Antara tahun 1831-1863, terjadi pemberontakan antara petani dengan penguasa. Banyak petani yang terbunuh ketika menentang aturan yagn dianggap merugikan pihak kecil. Kemudian mayat-mayatnya dikubur di Bukit Salib. Masyarakatpun menanamkan beberapa salib hingga mencapai 150 buah.

Akhirnya, banyak peziarah yang mengunjungi bukit ini dengan membawa salib besar maupun kecil untuk ditanamkan di sana. Tercatat tahun 1940 terdapat 400 salib besar dikelilingi ratusan salib berukuran kecil. Sayangnya, bukit salib ini sempat dihancurkan hingga rata dengan tanah selama Perang Dunia II. Ketika itu, Soviet mengambil alih Lithuania dari Nazi Jerman dan mengkomuniskan daerah ini.

Namun tahun 1993, dua tahun setelah Lithuania memproklamirkan kedaulatannya, Paus Yohanes Paulus II mengunjungi bukit ini dan menyatakan bahwa Bukit Salib adalah sebuah tempat untuk harapan, cinta damai, dan pengorbanan. Sejak itu, jutaan orang dari seluruh dunia telah berkunjung ke situs suci ini khususnya pada hari-hari menjelang Hari Raya Paskah. Salib yang ditanam bervariasi, dimana yang terbesar mencapai tinggi hingga 3 meter. Selain salib, terdapat juga patung-patung kayu dari para pahlawan Lithuania, patung perawan Maria, dan ribuan patung mini dan rosario. Salib adalah bukti nyata pengorbanan Yesus menebus kita. Selamat memperingati pengorbanan-Nya di hati Anda.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami