Kok Sejarah Paskah Ada Kaitannya dengan Dewa Ya? Part I

Internasional / 16 April 2011

Kalangan Sendiri

Kok Sejarah Paskah Ada Kaitannya dengan Dewa Ya? Part I

Lois Official Writer
4353

Kapan Paskah diadakan? Paskah ditetapkan oleh Tuhan untuk dirayakan pada bulan Abib (atau bulan April) pada tanggal ke empat belas (keluaran 12:18). Paskah awalnya merupakan perayaan karena Tuhan meluputkan bangsa Israel dari malapetaka maut dimana semua anak pertama Mesir dicabut nyawanya oleh malaikat Tuhan dan menyisakan anak-anak sulung Israel selama mereka menaruh darah di depan pintu.

Lalu, Anda ingat kapan Yesus diadili karena ‘perbuatan’-Nya? Pada tanggal 14 bulan Abib, Yesus memerintahkan murid-Nya untuk mempersiapkan tempat untuk mengadakan perjamuan Paskah. Perjamuan ini disebut ‘pertemuan kudus’ dalam Imamat 23:7. Saat malam, tanggal 15 bulan Abib, itulah hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi dimana Yesus disalib. Dia bangkit dari kubur pada hari ketiga perayaan Roti Tidak Beragi.

Itulah sebabnya sampai sekarang perayaan Paskah terbagi menjadi dua. Yang satu, memperingati Paskah sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus mengalahkan kematian. Tapi yang satunya lagi, karena bangsa Yahudi tidak mempercayai Yesus sebagai Juru Selamat, perayaan Paskah berarti memperingati perlindungan Tuhan yang meluputkan bangsa Israel dari bahaya kematian di Mesir dan hingga sekarang orang Yahudi masih menantikan Mesias yang dijanjikan di Perjanjian Lama.

Lalu, apakah hubungan Paskah dengan berbagai adat Paskah yang kita rayakan saat ini? Ada beberapa anggapan dan cerita. Ada yang mengatakan simbol telur dipakai untuk memperingati Yesus yang berada di dalam perut bumi selama tiga hari dan kemudian ‘menetas’ lahir kembali ke dunia. Tapi, ada juga cerita lainnya, yang jauh berbeda dari cerita tersebut.

Sumber : wikimu/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami