Tuduhan Pelecehan Oleh Pemuka Agama Meningkat Tajam

Internasional / 14 April 2011

Kalangan Sendiri

Tuduhan Pelecehan Oleh Pemuka Agama Meningkat Tajam

daniel.tanamal Official Writer
3218

Sebuah laporan gereja AS Senin menyebut berbagai tuduhan tentang pelecehan seksual yang melibatkan oknum pemuka agama di Amerika Serikat naik tajam tahun lalu hingga hampir 700 kasus dari sekitar 400 kasus yang terjadi dalam 2009. Mayoritas besar dari tuduhan itu ternyata terjadi beberapa dekade silam namun para korban baru sekarang punya keberanian melaporkannya.

Laporan ini adalah isi dari laporan tahunan gereja AS mengenai implementasi Piagam Perlindungan Anak dan Orang Muda. Selain itu tigapuluh tuduhan yang dilontarkan oleh anak-anak saat ini, hanya delapan yang dinilai layak dipercaya oleh bukti yang ada. Dikuatirkan melonjaknya tuduhan ini serta merta hanyalah sebagai bagian untuk menjatuhkan konggregasi pastur dan pemuka agama secara menyeluruh.

400 tuduhan pelecehan seksual yang terjadi pada 2009 melibatkan oknum-oknum pastur di Amerika Serikat. Lebih separuh dari para korban itu berusia antara 10 sampai 14 tahun ketika tuduhan pelecehan itu dimulai; seperlima berumur antara 15 hingga 17 tahun, sementara seperlima lagi berumur di bawah 10 tahun. Kebanyakan korban itu adalah anak laki-laki

Atas hal ini presiden Catholic League for Religious and Civil Rights Bill Donohue mengatakan pelecehan seksual terhadap anak-anak 100 kali lipat lebih mungkin terjadi di sekolah-sekolah daripada oleh para pastur, dan menambahkan ada sejumlah cerita yang merinci berbagai tuduhan pelecehan dalam komunitas Yahudi Ortodoks.

Memang pelecehan seksual yang dilakukan pemuka agama adalah sebuah fakta namun serbuan tuduhan baru yang lebih banyak justru semakin membuat kecurigaan baru muncul, yaitu sebagai bagian konspirasi menjatuhkan citra pastoral secara umum dan citra Kristen secara khusus. Satu hal yang sedang diselidiki secara dini saat ini.
 


 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami