Mafia Yakuza Bantu Para Korban Bencana Jepang

Mafia Yakuza Bantu Para Korban Bencana Jepang

daniel.tanamal Official Writer
3380

Dibalik dunia kegelapan yang menjadi identitas sebuah organisasi mafia Jepang bernama Yakuza, rasa empati pun diperlihatkan mereka dengan ikut memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa dan tsunami di bumi sakura yang tidak lain adalah saudara mereka sendiri juga. Pujian bahkan kecaman pun datang menyikapi aksi sosial mereka.

Yakuza dilaporkan telah mengirimkan bantuan berupa makanan, air, selimut, dan peralatan mandi dari Tokyo dan Kobe ke pusat evakuasi di timur laut Jepang, daerah yang paling parah mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami 11 Maret lalu. Dengan sigap, mereka langsung memberikan bantuan kepada mereka yang paling membutuhkan.

Manabu Miyazaki, penulis ratusan buku tentang Yakuza berkata bahwa tindakan mereka tepat dan hanya bermaksud menyampaikan rasa ikut menderita. "Yakuza dianggap masyarakat buangan dari masyarakat, mereka hanya mencoba untuk membantu orang lain yang berada dalam kesulitan," ujar Miyazaki. Namun ada sebagian masyarakat Jepang menilai Yakuza memiliki motif terselubung dalam pemberian bantuan ini. "Jika mereka membantu warga, polisi akan sulit memosisikan diri terhadap kelompok itu," kata Tomohiko Suzuki, wartawan yang menulis beberapa buku tentang dunia lain Jepang.

Pihak Yakuza pun angkat bicara atas beberapa pernyataan tersebut. Salah satunya disampaikan bos Yakuza yang menolak kritik tersebut. "Bantuan dari pemerintah terlalu lama jadi penting untuk segera melakukannya sekarang," jelasnya. Saat ini, Yakuza diperkirakan memiliki 80 ribu anggota di Jepang. Kelompok Sumiyoshi-kai dan Inakawa-kai, merupakan kelompok Yakuza yang paling aktif dalam memberikan bantuan terhadap korban gempa-tsunami.

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT

Ikuti Kami