Jaga Budaya Pela Gandong, Kristen Maluku Sukseskan MTQ

Internasional / 29 March 2011

Kalangan Sendiri

Jaga Budaya Pela Gandong, Kristen Maluku Sukseskan MTQ

daniel.tanamal Official Writer
3839

Budaya semangat persaudaraan masyarakat Maluku yang dikenal luas dengan nama pela gandong hingga saat ini masih terus terjaga di bumi rempah-rempah tersebut. Salah satunya adalah keikutsertaan kampung, suku, atau juga agama lain jika salah satunya menyelenggarakan acara yang dianggap sangat penting.

Seperti yang dilakukan oleh umat Kristen di Kepulauan Aru yang turut menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi Maluku ke-24 yang penyelengaraannya dijadwalkan di Dobo, ibu kota kabupaten setempat pada 21 - 28 Mei 2011. Kehadiran umat Kristen selama tiga hari di daerah tersebut guna  memotivasi Ketua Klasis Kepulauan Aru dan warga Kristen setempat agar menyukseskan pelaksanaan MTQ tersebut.

Dirilis Antara Senin (28/3) Ketua Badan Pekerja Harian (BPH) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Pdt Dr John Ruhulesin mengungkapkan hal itu. "Umat Kristen harus berperanserta menyukseskan MTQ tingkat Provinsi Maluku tersebut karena ini berkaitan dengan jalinan  keharmonisan antarumat yang merupakan warisan leluhur dan bagian dari tanggung jawab warga masyarakat Kepulauan Aru," ujarnya.

Sukses penyelenggaraan MTQ tersebut perlu ditunjukkan semua umat beragama di Kepulauan Aru agar tercermin hidup orang basudara (saudara) yang dibingkai budaya pela dan gandong."Umat Kristen harus berperan, baik sebagai panitia penyelenggara, mengisi acara memeriahkan MTQ dan terpenting memelihara suasana jalinan keharmonisan antarumat agar pesta iman basudara Muslim berlangsung aman, lancar dan sukses," kata John.

Kepala Kementerian Agama Kepulauan Aru, Moh. Dahlan Ohoirenan mengatakan, pihaknya bersama Ketua Klasis Kepulauan Aru, Wakil Uskup setempat, para imam dan pendeta di Dobo telah menyepakati untuk menyukseskan MTQ nanti."Kami akan menandatangani kesepakatan menyukseskan pelaksanaan MTQ, selanjutnya masing - masing pimpinan agama mensosialisasikan kepada umatnya," ujarnya.

 

Sumber : Antara/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami