Ada Bocoran iPhone 5 Akan Segera Beredar

Entertainment / 24 March 2011

Kalangan Sendiri

Ada Bocoran iPhone 5 Akan Segera Beredar

Lois Official Writer
2476

Belum genap setahun iPhone 4 dirilis ke pasar, bocoran generasi berikutnya yang disebut-sebut sebagai iPhone 5 sudah mulai beredar seperti dalam laporan terbaru China Times Selasa (23/3) lalu. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa smartphone generasi baru buatan Apple tersebut telah memasuki masa uji coba produksi.

Perangkat yang bakal dibalut sasis logam tersebut konon telah dilengkapi teknologi antenna lebih baik, karena menurut laporan itu, salah satu bagian yang mendapat bagian Apple adalah masalah antenna yang menjadi kekuatan pada iPhone 4. Dikabarkan, pada iPhone 5 ini tidak ada lagi masalah kekuatan koneksi turun karena atenuasi saat bagian ujung-ujung bawahnya digenggam.

Laporan itu juga menguatkan desas-desus kalau iPhone 5 bakal dilengkapi cip near field communication (NFC). Dengan teknologi ini, pengguna iPhone 5 dapat melakukan transaksi langsung dengan mendekatkan perangkatnya ke alat bayar berbasis komuniksi nirkabel. Meskipun The New York Time pun menyebutkan bahwa Apple telah berencana menambahkan cip NFC ini, namun tidak ada konfirmasi apakah hal tersebut akan dilakukan mulai pada iPhone 5.

Menurut China Times, iPhone 5 juga bakal menggunakan layar lebih lebar yaitu 4 inci. Ukuran layar ditambah dari 3.5 inci saat ini menjadi 4 inci tanpa menambah ukuran perangkat tersebut secara keseluruhan, tetapi mengurangi luas bezel dan bingkainya. Kemungkinan iPhone 5 juga sudah menggunakan prosesor dual core Apple A5. Prosesor yang pertama kali digunakan pada iPad 3 itu menawarkan kecepatan proses komputasi sembilan kali liepat ketimpang Apple A4 yang digunakan saat ini.

Masih dari bocoran tersebut, Foxconn, yang selama ini merakit produk-produk Apple di China, bakal memperluas pabriknya di Brasil karena permintaan yang terus meningkat. Pabrik di Brasil mungkin akan digunakan khusus membuat produk Apple dan akan mulai beroperasi tahun 2013. Rencananya iPhone 5 akan dipasarkan mulai kuartal III 2011. Kita tunggu saja kepastiannya.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami