Mungkin Fenomena Alam Inilah yang Dikira UFO

Nasional / 13 March 2011

Kalangan Sendiri

Mungkin Fenomena Alam Inilah yang Dikira UFO

daniel.tanamal Official Writer
3992

Berbagai perdebatan pro dan kontra tentang keberadaan Unidentified Flying Object (UFO) memang masih hangat diperbincangkan khususnya di Indonesia usai kejadian adanya circle crop di Yogyakarta membuat beberapa kalangan yang concern didunia antariksa segera mengaitkannya dengan fenomena yang seringkali dibuat kedalam film layar lebar tersebut.

Jepretan fotografer asal Bristol, Adam Gasson, yang berhasil mengabadikan fenomena Sundog di sebuah pantai wilayah utara Cowes, Isle of Wight, Inggris, yang tampak pada Sabtu (5/3/2011) mungkin punya jawaban tersendiri dalam menguak misteri UFO tersebut. Gasson mengatakan, "Saya melihat sundog itu melayang di langit dan saya berpikir, ini pasti sesuatu yang spesial. Cara sundog itu melayang di langit membuatnya bagaikan UFO." Ungkapnya.

Sundog memiliki nama ilmiah parhelion. Ini adalah fenomena di atmosfer berupa spot cahaya yang terang yang biasanya muncul saat curah hujan tinggi dan suhu atmosfer sangat dingin. Sundog terbentuk ketika terdapat kristal es (yang kadang disebut debu berlian) di udara rendah. Sundog bisa disebut juga anjing penjaga matahari. Seperti namanya, sundog seolah akan menemani matahari, menyebabkan munculnya "matahari baru" di sisi Matahari.

Fenomena sundog pernah terjadi juga di Thailand dan Kazakhstan. Di China, fenomena sundog juga pernah terjadi dan mengakibatkan Bumi seolah-olah memiliki empat matahari. Di Indonesia, sundog mungkin belum pernah dijumpai. Namun, fenomena halo sudah pernah tampak di beberapa daerah, seperti Bogor, Yogyakarta, dan Padang.

 

Sumber : kompas.com/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami