Belajar Arti Sukses Dari Miliader No 1 di Dunia

Entrepreneurship / 10 March 2011

Kalangan Sendiri

Belajar Arti Sukses Dari Miliader No 1 di Dunia

Puji Astuti Official Writer
6738

Apakah Anda tahu bahwa posisi orang terkaya di dunia di tahun 2011 ini dipegang oleh seorang pria asal Meksiko keturunan Lebanon bernama Carlos Slim Helu? Pria kelahiran 28 Januari 1940 ini telah menggeser kedudukan pendiri Microsoft Bill Gates.

Yang ironis, pria terkaya di dunia ini hidup di sebuah negara berkembang dimana 56% penduduknya masuk golongan miskin. Namun ketika Carlos ditanya oleh seorang wartawan tentang hal ini, tanpa merasa terganggu dia menjawab, “Saya tidak akan membawa apapun saat saya mati.”

“Dari posisi saya sebagai seorang pebisnis, saya merasa memiliki tanggung jawab besar abagi negara saya, dan saya telah bertindak dengan tepat. Tantangan dalam hidup saya adalah untuk memperbaiki kondisi kesehatan, pendidikan dan menciptakan lapangan kerja,” papar Carlos.

Carlos merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara buah pernikahan Yusef Salim Haddad dan ibunya Linda Helu. Carlos hidup dalam sebuah keluarga berkecukupan dan orangtuanya menuntutnya untuk lulus universitas, jadi ia menyelesaikan studinya di Universitas National Meksiko sebagai seorang insinyur.

Kesuksesan dimulai dari membeli perusahaan dengan harga murah, mengembangkannya dan menjualnya dengan harga tinggi. Salah satu keberhasilannya yang membuatnya mencuat di dunia internasional adalah ketika ia bisa membeli perusahaan telekomunikasi milik pemerintah Meksiko, Telmex. Sejak memiliki Telmex, Carlos mulai memperluas usahanya ke berbagai bidang.

Carlos Slim Helu dikenal sebagai “Warren Buffett dari Amerika Latin” namun dirinya menganggap ia tidak setara dengan Buffet, karena lebih berperan sebagai operator sedangkan Buffet adalah seorang investor murni.

Sekalipun Carlos mengaku hanya memiliki keahlian computer yang minim, namun perusahaannya adalah penguasa bisnis internet dan tehnologi telekomunikasi di Meksiko dan Amerika Latin.

Dalam surat terbuka kepada kaum muda yang dimuat di laman webnya, Carlos mendefinisikan kesuksesan seperti ini:

“Sukses bukanlah tentang melakukan sesuatu dengan baik atau sangat baik, atau untuk dikenal oleh orang lain. Ini bukanlah tentang pendapat orang lain, tetapi tentang status internal. Sukses adalah harmoni antara jiwa dan emosi Anda, yang membutuhkan kasih, keluarga, persahabaan, menjadi otentik dan berintegritas.”

Pria yang kekayaannya mencapai 74 Triliun Dolar ini memiliki gaya hidup yang sederhana. Ia masih tinggal di rumah yang telah ia tempati selama 30 tahun dan masih menyetir sendiri kendaraannya sekalipun di Meksiko sangat rawan kejahatan.

Jadi, mari kita belajar menjadi orang sukses dari miliader nomor satu di dunia ini. Sukses tanpa kasih dari keluarga, teman dan sahabat serta mengabaikan integritas dan keotentikan Anda bukanlah kesuksesan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami