Tokoh Kristen Tidak Pernah Ikut Campur Agama Lain

Internasional / 9 March 2011

Kalangan Sendiri

Tokoh Kristen Tidak Pernah Ikut Campur Agama Lain

daniel.tanamal Official Writer
3560

Pernyataan Seskab Dipo Alam terkait tudingannya terhadap tokoh Kristen seperti Romo Benny yang telah mencampuri urusan umat Islam, dibantah oleh rohaniawan Frans Magnis Suseno yang menegaskan, tak ada niat dari tokoh agama Kristen untuk mencampuri urusan internal umat Islam terkait keberadaan Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI).

Dalam keterangan persnya di Maarif Institute Jakarta bersama tokoh lintas agama lainnya, Selasa (8/3/2011). Franz Magnis Suseno meminta agar negara jangan absen dalam masalah kekerasan terhadap warga negaranya. "Negara wajib melindungi," ujar Franz Magnis. Terkait usulan pembubaran Ahmadiyah, dia juga meminta agar diselesaikan melalui jalur hukum yaitu pengadilan. "Kalau keberatan selesaikan di Pengadilan," lanjutnya.

Sekretaris Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Gomar Gultom pun angkat bicara juga atas tudingan tak berdasar tersebut dengan mengatakan tidak pernah ikut campur terkait urusan akidah umat lain, karena persoalan terkait Ahmadiyah adalah masalah konstitusi atau hukum. "Tidak ada maksud untuk mencampuri akidah dari agama Islam. Untuk itu kita tidak memiliki kompetensi mencampuri itu, subsatansinya dalam kerangka konstitusi," jelasnya.

Romo Benny Susetyo sendiri telah menegaskan dirinya tidak membela Ahmadiyah sebagai ajaran agama yang oleh ummat Islam dinilai sesat dan menyesatkan. Yang menjadi fokus perhatian dirinya sebagai salah satu tokoh lintas agama ialah pembiaran terhadap pelaku kekerasan. "Saya tidak pernah intervensi terhadap persoalan Ahmadiyah. Yang menjadi fokus tokoh lintas agama adalah pembiaran pelaku kekerasan, tidak ada kaitannya dengan masalah iman dan ajaran (Ahmadiyah)," kata Romo Benny kepada inilah.com, Senin (7/3).

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami