Tokoh Agama Sampaikan Pengaduan Pada KPK

Nasional / 5 March 2011

Kalangan Sendiri

Tokoh Agama Sampaikan Pengaduan Pada KPK

Puji Astuti Official Writer
2735

Para tokoh agama yang tergabung dalam Badan Pekerja Gerakan Tokoh Lintas Agama Melawan Pembohongan Publik sepertinya tidak main-main dalam komitmen mereka untuk membawa perubahan bagi bangsa ini. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan tindakan mereka melaporkan 88 penganduan masyarakat dari 13 kota yang masuk dalam rumah pengaduan kebohongan publik kepada Komisi Pemberantasan Korupsi pada Jumat (5/3/2011) di Jakarta.

Dari 88 pengaduan tersebut, tercatat 26,1 persen adalah perihal korupsi. Pengaduan yang kedua berkaitan dengan kesulitan masyarakat miskin dalam mendapatkan haknya, seperti biaya sekolah murah, pengobatan gratis, dana Bantuan Tunai Langsung (BLT) dan pemenuhan kebutuhan pangan.

"Ada hal-hal kecil yang mungkin kecil secara rupiah, tetapi bisa memberi dampak, seperti suap CPNS, bupati/gubernur mengambil pungutan pegawai negeri. Tidak ada gunanya reformasi birokrasi jika demikian," demikian ungkap tokoh agama Salahuddin Wahid saat menyerahkan pengaduan tersebut kepada pimpinan KPK Busyro Muqoddas. Dalam acara penyerahan penganduan tersebut tampak hadir perwakilan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Masdar Masudi dan manta Ketua PP Muhammadiyah Syafii Maarif. Para tokoh agama tersebut berharap KPK menindak lanjuti pengaduan dari masyarakat tersebut. Mereka juga menyatakan dukungannya terhadap pemberantasan korupsi serta dukungan melawan upaya pelemahan kewenangan KPK.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami