7 Cara Meningkatkan Metabolisme Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Maksimal

Fit & Charming / 2 March 2011

Kalangan Sendiri

7 Cara Meningkatkan Metabolisme Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Maksimal

Lestari99 Official Writer
19690

Bagi Anda yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan atau hanya ingin mempertahankan tubuh ramping Anda, meningkatkan metabolisme Anda ke tingkat yang lebih tinggi selalu merupakan ide yang baik. Ada beberapa cara untuk memberikan dorongan tambahan pada metabolisme Anda termasuk berolahraga di pagi hari, tetapi makan juga dapat menjadi faktor penting.

Meningkatkan metabolisme berarti tubuh Anda membakar kalori dengan tingkat yang lebih tinggi. Jadi jika metabolisme Anda tinggi, maka tubuh Anda akan membakar kalori bahkan jika Anda tidak bekerja keras pergi ke gym. Metabolisme tubuh yang lambat akan menyebabkan berat badan Anda naik, karena Anda makan lebih banyak dari yang dapat dibakar tubuh Anda.

Berikut adalah 7 cara untuk meningkatkan metabolisme Anda, sehingga Anda dapat membakar lemak dengan cepat.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan sarapan ke dalam makanan harian Anda. Meskipun banyak orang yang tidak menyukai sarapan, namun sarapan akan memberikan dorongan yang diperlukan tubuh untuk memulai metabolisme. Cemilan yang memiliki 250 kalori sudah cukup untuk meningkatkan metabolisme Anda di pagi hari.

2. Cara lain untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan menambahkan rempah-rempah ke dalam makanan Anda. Menurut Pelayanan Riset Agrikultur Amerika, kayu manis merupakan salah satu bumbu yang dapat meningkatkan metabolisme dan yang Anda perlukan hanyalah mengkonsumsi ¼ - 1 sdt per hari.

3. Ketika Anda merencanakan makan Anda, mungkin Anda ingin menambahkan buah kiwi ke dalam diet Anda. Kiwi mengandung banyak vtamin C, namun jika Anda menambahkan 500 mg setiap hari, Anda akan membakar hingga 39% lebih lemak ketika Anda berolahraga. Namun tetap saja Anda jangan sampai kelebihan vitamin C, karena jika mencapai 2.000 mg, Anda akan mulai mengalami efek samping seperti kembung, buang angin dan diare.

4. Ukuran untuk meningkatkan metabolisme lainnya adalah dengan mengontrol apa yang Anda minum. Menambahkan es ke dalam minuman Anda membuat tubuh bekerja lebih keras karena tubuh harus memanaskan perut Anda, untuk meningkatkan metabolisme. Minum minuman berkafein seperti kopi atau teh dapat meningkatkan denyut jantung Anda dan meningkatkan metabolisme Anda.

5. Di mana Anda makan bisa sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Bila Anda sarapan di pagi hari, cobalah untuk memposisikan diri dekat jendela agar Anda dapat terkena sinar matahari. Sinar matahari akan meningkatkan metabolisme Anda dan juga dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan tulang dan otot.

6. Pastikan Anda mendapatkan kromium yang cukup dari diet Anda untuk membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Kromium, yang ditemukan dalam tomat dan juga di dalam suplemen, dapat membantu tubuh membakar lemak. Menurut MedlinePlus, daging, telur, paprika hijau, apel, pisang dan bayam juga merupakan sumber yang baik dari kromium. Bila Anda mengkonsumsi suplemen yang mengandung 120 mcg kromium setiap hari, akan bermanfaat bagi tubuh Anda karena akan meningkatkan metabolisme.

7. Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan metabolisme Anda, cobalah untuk membagi makanan Anda ke dalam porsi yang lebih kecil dan Anda makan lebih sering sepanjang hari. Setiap kali Anda makan, akan membantu untuk meningkatkan metabolisme Anda. Meskipun aneh kedengarannya, namun makan lebih sering dapat membantu menurunkan berat badan Anda atau mempertahanan berat badan yang sehat.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami