Film Penderita Gagap Raih Oscar Best Motion Picture 2011

Nasional / 28 February 2011

Kalangan Sendiri

Film Penderita Gagap Raih Oscar Best Motion Picture 2011

daniel.tanamal Official Writer
4182

Pujian pantas dialamatkan kepada Tom Hooper, sutradara asal Inggris dari The King’s Speech yang sukses membuat film yang terinspirasi dari pemimpin besar inggris penderita gagap menyabet film terbaik, aktor terbaik, sutradara terbaik untuk Tom sendiri dan skenario terbaik pada perhelatan akbar Academy Awards 2011 yang di gelar di Kodak Theatre, Los Angeles, Minggu (27/2). Lalu film seperti apakah The King’s Speech sehingga membuatnya menjadi jawara film nomor satu didunia saat ini?

Film ini sendiri diangkat dari kisah nyata tentang kepemimpinan kerajaan inggris jelang Perang Dunia II yang sudah diambang mata. Sepeninggal Raja George V, Prince Edward yang seharusnya naik tahta lebih memilih melepas tahta dan menikahi seorang gadis biasa. Hal itu membuat adiknya Prince Albert mengambil alih tampuk kekuasaan. Satu kekurangan Albert yang vital, dirinya adalah seorang penderita gagap bicara. Hal ini diantisipasi dengan baik oleh sang istri yang tak lain adalah Queen Elizabeth.

Elizabeth tak pernah menyerah. Setelah mencoba beberapa dokter untuk menyembuhkan gagap yang diderita Albert, Elizabeth lantas mencoba metode yang lebih tak lazim. Ia meminta Lionel Logue seorang terapis dengan metode aneh, untuk menyembuhkan suaminya. Dengan tekad yang kuat dan bimbingan dari Lionel, Albert akhirnya berhasil sembuh. Dari seorang pria gagap, Albert menjadi seorang raja yang mampu berpidato dan membakar semangat seluruh warga Inggris untuk menghadapi Perang Dunia II.

Seakan menepis ekspektasi beberapa pengamat yang menjagokan film lainnya, kategori Film Terbaik tahun ini dapat terhitung sangat ketat. 10 judul film telah menjadi favorit  dalam nominasi ini dengan dua diantaranya yang terbilang paling banyak dijagokan yaitu The Social Network dan Inception. Menyusul hasil gemilang ini seperti dikutip HollywoodNews, Presiden The Stuttering Foundation (Yayasan Orang Gagap), Jane Fraser, mengeluarkan pernyataan khusus. “Sungguh malam yang luar biasa bagi mereka penderita gagap. The King's Speech merupakan anugerah bagi seluruh komunitas gagap,” kata Jane. Film inspiratif yang diangkat kisah nyata memang terbukti menjadi medium yang tepat menggambarkan pesan positif seseorang untuk mengubah cara pandang dunia terutama terhadap penderita cacat.

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami