Hendardi : Menteri Agama Sebaiknya Dari Kalangan Profesional

Nasional / 15 February 2011

Kalangan Sendiri

Hendardi : Menteri Agama Sebaiknya Dari Kalangan Profesional

daniel.tanamal Official Writer
5744

Mengingat sensitivitas isu yang ditangani oleh Menteri Agama berikut dengan banyak permasalahan menyangkut kehidupan umat beragama, Ketua Setara Institute for Democracy and Peace, Hendardi, mengimbau agar Menteri Agama sebaiknya berasal dari kalangan professional bukan tokoh dari partai politik.

"Karena hal itu membuatnya sarat dimasuki kepentingan-kepentingan politik," ujar Hendardi dalam audiensi tokoh lintas agama yang dihadiri Yenny Wahid, Wimar Witoelar, Romo Benny, dan Siti Musdah Mulia, dalam pertemuan dengan pimpinan MPR di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/2) untuk membahas mengenai kekerasan agama yang akhir-akhir ini marak terjadi, terutama insiden Cikeusik dan Temanggung yang baru meletus pekan lalu.

Hendardi melihat bahwa selama ini terdapat beberapa pernyataan yang dikeluarkan Menteri Agama, Suryadharma Ali, justru cenderung berpotensi membuat situasi dan pemahaman yang tidak kondusif bagi kehidupan antar umat beragama terutama pernyataan-pernyataanya mengenai pembubaran Ahmadiyah. "Nanti bukannya kerukunan yang tercipta, tapi justru provokasi-provokasi," ujarnya.

Menyambung wacana tersebut sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Demokrat Achmad Mubarok pun sempat menyarankan agar Menteri Agama diambil dari kalangan profesional. "Supaya perhatiannya tidak terpecah. Jadi kursi menteri untuk profesional sebaiknya ditambah, dan untuk partai dikurangi," seru Mubarok Jumat (11/2) pekan lalu.


 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami