Kakak Adik Pelajar SMP dan SMA Temukan Antivirus Game

Nasional / 12 February 2011

Kalangan Sendiri

Kakak Adik Pelajar SMP dan SMA Temukan Antivirus Game

Lois Official Writer
9288

Arival (13) dan Taufik Aditya Utama (15) asal Bojongsoang, Kabupaten Bandung adalah kakak beradik yang menemukan antivirus komputer yang kemudian diberi nama Artav (Arival Taufik Antivirus). Arival merupakan pelajar kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Bandung dan Taufik merupakan pelajar kelas I SMA Negeri 25 Kota Bandung.

“Antivirus ini kami temukan karena kebetulan komputer saya sering kena virus sehingga saya menoba untuk menemukan antivirusnya dan berhasil,” kata Arival di Bandung. Antivirus ini sudah ditemukan sekitar April 2010. Arival dan Taufik melakukan sosialisasi pertama kepada teman-teman mereka untuk memproteksi program permainan. “Awalnya saya jual program Artav ke teman-teman seharga Rp 5.000. Mereka senang bisa menangkal virus,” kata Arival. Sekarang sudah banyak teman-teman mereka yang menggunakan Artav.

Tentunya penemuan itu merupakan hasil kerja keras mereka selama mengutak atik komputer. Di saat Arival yang membuatkan program, desain dibuat oleh sang kakak, Taufik. Uniknya, kedua bocah jenius itu tidak memiliki latar belakang pengetahuan teknologi dan informasi. Mereka banyak menghabiskan waktu di warung internet untuk merampungkan Artav.

Penemuan hebat kedua pelajar itu akhirnya disambut oleh perusahaan operator seluler XL Axiata untuk memfasilitasi pendaftaran hak paten untuk temuan kedua pelajar jagoan asal Bandung itu. “Kami mengapresiasi karya mereka, salah satunya memfasilitasi peralatan laptop dan memfasilitasi hak paten bagi penemuan mereka,” kata Kencono Wibowo, Vice President XL Axiata Central Region.

Arival mengaku senang karena antivirusnya akan difasilitasi untuk mendapat hak paten. Hal itu memacunya untuk terus mengembangkan antivirus lainnya, termasuk program-program lain yang bermanfaat.“Saya akan buatkan antivirus untuk program mobile. Artav ke depan akan dikembangkan untuk layanan berbayar dan bebas,” kata Arival yang pengagum pemilik Microsoft, Bill Gates itu. Hidupi segala sesuatu yang Anda sukai dan Anda akan dimampukan untuk menghasilkan sesuatu dari apa yang Anda sukai itu.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami