Cara Menguasai Public Speaking Dengan Mudah

Investment / 11 February 2011

Kalangan Sendiri

Cara Menguasai Public Speaking Dengan Mudah

Puji Astuti Official Writer
5654

Kemampuan untuk berbicara di depan umum atau yang lebih di kenal public speaking memberikan peran besar dalam keberhasilan seseorang. Kenapa? Karena sebenarnya kemampuan ini dibutuhkan ketika Anda berbicara di hadapan satu orang maupun seribu orang. Namun ketika Anda berada di sebuah panggung, ataupun berbicara dengan seorang pemimpin penting, Anda mungkin merasa grogi hingga keringat bercucuran atau bahkan merasa gemetar.

Gugup atau grogi adalah sesuatu yang alamiah, namun hal tidak boleh menghambat Anda untuk mencapai kesuksesan. Bahkan sebaliknya, Anda bisa menggunakan rasa gugup Anda untuk mencapai kesuksesan Anda. Caranya bagaimana? Kuasailah ketakutan dan rasa gugup Anda.

Rasa gugup seringkali muncul karena rasa tidak percaya diri yang begitu kuat menguasai Anda. Hal ini dipicu karena Anda terfokus pada kelemahan Anda. Jadi cara mengatasinya adalah dengan fokuskan diri Anda pada hal-hal lain di sekitar Anda, selain diri Anda sendiri. Anda bisa mencoba fokus kepada lingkungan sekitar Anda, orang-orang yang hadir, atau materi yang akan Anda bawakan.

Hadirin yang hadir dapat menjadi teman Anda. Kecuali Anda memang sedang berhadapan dengan sekelompok orang yang memusuhi Anda, tabiat alami manusia adalah ingin melihat orang lain berhasil. Jadi, mereka yang hadir untuk mendengarkan Anda ada di pihak Anda. Untuk itu, dari pada berasumsi mereka tidak menyukai Anda, pikirkan keuntungan apa yang mereka dapatkan jika mereka menyukai Anda.

Mereka mungkin lautan wajah yang Anda tidak kenal, tetapi mereka benar-benar orang. Jadi pikirkan bagaimana terhubung dengan pendengar Anda. Ingatlah bahwa sekalipun mereka tidak berbicara, namun Anda masih bisa melakukan komunikasi dua arah.

Poin yang terpenting adalah dengan memperhatikan orang yang mengangguk sebagai tanda setuju atas pernyataan Anda dan juga mereka yang mengerutkan dahi tanda mereka tidak setuju. Selama Anda melihat respon di wajah para pendengar Anda, maka Anda sedang menguasai panggung.

Agar pendengar Anda tidak tertidur, Anda harus membuat arena Anda menarik, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda coba:

-  Ajukan pertanyaan retorika

-  Kembangkan kontak mata selama satu atau dua detik dengan sebanyak mungkin orang.

-  Jadilah proaktif

-  Buatlah tantangan

-  Atur kecepatan berbicara Anda secara berirama

-  Atur volume suara Anda

Pada dasarnya, public speaking adalah seni berbicara seperti seseorang yang sedang berbincang-bincang. Jadi jika Anda bisa mengajak sahabat Anda asik ngobrol, maka Anda bisa melatih kemampuan Anda untuk berbicara di depan umum.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami