KWI : Tindak Tegas Pelaku agar Indonesia Tidak Jadi Barbar

Internasional / 9 February 2011

Kalangan Sendiri

KWI : Tindak Tegas Pelaku agar Indonesia Tidak Jadi Barbar

Lois Official Writer
2653

“KWI meminta agar pemerintah menindak tegas pelaku kerusuhan, kalau tidak, berarti pemerintah absen dan akan menjadi barbar,” ujar Romo Benny Susetyo, Sekretaris Eksekutif Komisi Hak KWI ketika dihubungi oleh INILAH.com. Menurutnya, pemerintah harus menindak pelaku kerusuhan di Temanggung.

Menurutnya lagi, hukum akan rusak bila tidak ditegakkan. Dengan adanya tindakan yang tegas kepada pelaku maka akan ada efek jera kepada orang-orang yang melakukan tindak kekerasan terutama kepada tempat ibadah. “Pelaku jangan dilindungi, karena apapun bentuk kekerasan tidak dibenarkan,” tegas Romo Benny.

Sementara itu anggota Komisi I DPR RI, Helmy Fauzi, melihat dari segi lain. Dia mensinyalir adanya kelompok-kelompok Islam garis keras yang sengaja dipelihara agar bisa digunakan oleh penguasa untuk amunisi pengalihan isu. “Kita sangat menyayangkan jika ada upaya adu domba antarsesama rakyat hanya demi pengalihan isu semata. Untuk apa itu dilakukan,” tandasnya.

Diapun mempertanyakan ketegasan aparat keamanan untuk menertibkan organisasi yang potensial membuat kekacauan keamanan. “Dimana peran Polri? Apa selama ini belum cukup ulah para ormas-ormas yang membuat kekacauan keamanan dan kenyamanan,” tukasnya. Jika saja pemerintah serius mengatasi aksi-aksi kekerasan, sebenarnya sangat mudah. Sebab organisasi pembuat onar selama ini sudah nampak di depan mata. “Ini bukan organisasi bawah tanah, tertutup atau sulit memetakannya. Organisasinya ada, terang-terangan provokatif. Tinggal ditertibkan, diamankan, ditindak tegas. Itu kalau mau serius,” ujarnya kesal.

Pelaku kerusuhan ini, siapapun itu, memang harus ditindak tegas dan dihukum sesuai dengan perbuatannya oleh pemerintah. Pemerintah harus tegas dalam hal ini. Kalau tidak, dikuatirkan kerukunan umat beragama semakin terancam dan ormas tertentu dapat berbuat sesuka hatinya karena tidak ada tindakan yang diambil pemerintah untuk menindak mereka.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami