Pendeta Tim Keller : Pekerjaan Sekuler Juga Pekerjaan Tuhan I

Internasional / 1 February 2011

Kalangan Sendiri

Pendeta Tim Keller : Pekerjaan Sekuler Juga Pekerjaan Tuhan I

Lois Official Writer
3782

Pendeta Tim Keller menantang keramaian para professional di Kota New York untuk berpikir kembali bagaimana mereka memandang sebuah pekerjaan dan memperlihatkan fakta bahwa panggilan surgawi lebih berarti bagi Tuhan daripada pekerjaan sekuler.

Keller, pendiri Gereja Redeemer Presbyterian di Manhattan, menjelaskan kenapa semua pekerjaan berarti bagi Tuhan dan kenapa Tuhan itu berarti dalam semua pekerjaan dalam sebuah ceramah yang dilakukan di Kampus Hunter untuk para anggota gereja di sana. Ceramah ini dihadiri oleh para professional dari sekitar 15 sektor usaha termasuk kesenian, bisnis, dan kesehatan.

Keller mengungkapkan bahwa semua umat Kristen adalah ‘pendeta’ dalam ruang lingkup kerja mereka. Keller membandingkan pendekatan dengan bekerja di gereja abad pertengahan dan reformasi radikal abad 16 yaitu Martin Luther. Gereja abad pertengahan ‘sistem keberhasilan’ untuk mendekati masyarakat yang berpengaruh dan membuat segala sesuatunya sebagai kekristenan sementara Reformasi Radikal ‘menarik diri’ dari masyarakat, karena mereka percaya itulah ‘dunia setan’.

Dua pendekatan ini, menurut Keller, punya kecenderungan untuk melihat bahwa pekerjaan di dalam dunia hanyalah pekerjaan biasa dan hanya mempertimbangkan pekerjaan di gereja sebagai pekerjaan Tuhan.

Dia menjelaskan teologi Luther yang menawarkan jalan tengah dan pendekatan alkitabiah dalam bekerja, dimana tidak ada pembagian pekerjaan Kristiani antara ‘tanah rohani’ dan ‘tanah yang fana’. “Dia mengatakan, hey, jangan katakan hanya orang di dalam gereja yang melakukan pekerjaan Tuhan. Bukan. Kita semua adalah pendeta. Karena itu, setiap umat Kristen melakukan pekerjaan Tuhan,” kata Keller, mengambil referensi dari Luther sebagai bahan referensi untuk membagikan 1 Pet 2:9

Sumber : christianpost/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami