Operasi Rumit Membuat Wanita Ini Bicara Lagi

Nasional / 23 January 2011

Kalangan Sendiri

Operasi Rumit Membuat Wanita Ini Bicara Lagi

Lois Official Writer
3155

Brenda Jensen (52) adalah seorang wanita yang menderita diabetes berkepanjangan dan kehilangan suaranya setelah dia diopname pada tahun 1998 karena gagal ginjal. Di bawah pengaruh anestasi, tuba ventilasinya berulang kali dibedah sehingga menyebabkan kerusakan permanent pada larynx-nya.

Kemudian dokter memberinya larynx atau pangkal tenggorokan baru pada wanita itu. Namun, ternyata suara yang dihasilkan alat itu membuatnya sangat tak nyaman. “Orang-orang meledek saya karenanya. Mereka memanggil saya wanita robot,” katanya kemudian. Namun, operasi pada Oktober lalu oleh tim bedah internasional Universitas California Davis megnubahnya.

Dokter bedah Gregory Farwell mengatakan bedah yang sulit itu mengharuskan dokter merajut larynx dan semua syaraf serta otot pembantu pernapasan, otot menelan, dan otot untuk berbicara. “Sejauh ini merupakan operasi paling rumit yang pernah dilakukan,” kata Farwell. “Jensen telah lama berpikir keras mengenai operasi ini. Operasi ini bukan tanpa resiko, hal ini bukti betapa berani dan termotivasi Jensen.”

Operasi transplantasi semacam ini sangat jarang karena pasien harus meminum obat anti penolakan sepanjang hidupnya agar tidak terjadi komplikasi apa-apa antara tubuh dan akibat operasi. Selain itu, pasien juga harus minum pil yang seringkali melemahkan sistem kekebalan tubuh dan beresiko tinggi mengidap kanker dan infeksi.

Saat ini, memang ilmu kedokteran sudah mengalami kemajuan yang luar biasa. Yang lebih luar biasa lagi adalah Tuhan yang memberikan otak yang bisa berinovasi. Satu hal yang perlu diingat jika Anda mengalami suatu sakit penyakit, sekalipun dokter tak dapat sembuhkan, Tuhan pasti sembuhkan sesuai kehendak-Nya.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami