Perceraian Orang Tua Faktor Terbesar Anak Bunuh Diri

Nasional / 21 January 2011

Kalangan Sendiri

Perceraian Orang Tua Faktor Terbesar Anak Bunuh Diri

daniel.tanamal Official Writer
4816

Berpikir jauh lah untuk anda para orang tua yang telah memiliki anak tetapi merencanakan untuk bercerai. Kemungkinan besar efek perceraian itu akan membuat anak anda mempunyai rencana mengerikan juga yaitu mengakhiri hidupnya.

Hal ini ditemui oleh para peneliti dari Universitas Toronto yang meneliti terhadap 6.647 orang dewasa, termasuk 695 diantaranya yang masih berumur di bawah 18 tahun saat orang tua mereka bercerai. Hasilnya orang yang tumbuh dalam keluarga broken home (orang tua cerai) lebih mudah terdorong melakukan tindakan bunuh diri dibandingkan dengan mereka yang tumbuh di tengah keluarga yang harmonis dan lengkap.

Dari penelitian itu juga ditemukan bahwa perceraian menimbulkan efek yang berbeda bagi laki-laki dan wanita. Laki-laki dengan orang tuanya bercerai ketika masih anak-anak berisiko tiga kali lebih serius lakukan bunuh diri dari pada laki-laki lain. Wanita dewasa yang tumbuh dalam keluarga dengan orang tuanya cerai terindentifikasi 83 persen berpikir lakukan bunuh diri dibanding dengan mereka yang orang tua masih harmonis.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah perceraian mungkin menghasilkan jalan terbaik untuk kedua pasangan, namun tidak untuk anak mereka bahkan keluargapun dapat mendapat efek buruk dari hal ini seperti hilangnya kepercayaan. Ikatan janji yang telah dipersatukan Tuhan didalam pernikahan adalah janji kudus yang harus dijaga.

Sumber : Suara Pembaruan Online/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami