Meskipun Tak Lulus Kuliah, Megawati Bantah Drop Out

Nasional / 20 January 2011

Kalangan Sendiri

Meskipun Tak Lulus Kuliah, Megawati Bantah Drop Out

Lestari99 Official Writer
5557

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri ternyata merasa sungkan ketika diminta memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Pemerintahan Abdi Negara (STIP AN) Kebagusan, Jakarta, Kamis 20 Januari 2011. Pasalnya Megawati merasa kecil bila dibandingkan dengan para pengajar yang sudah memiliki berbagai macam gelar sedangkan dirinya tidak memiliki gelar apapun.

“Tim pengajarnya sangat baik. Sudah ada beberapa profesor dan doktor, sedangkan saya tidak mempunyai gelar apapun. Tapi mungkin saya lebih kaya pengalaman,” ujarnya.

Megawati sendiri mengaku pernah mengenyam pendidikan di pertanian namun terhenti karena terjadi peristiwa G30-S-PKI/1965.  dalam masa kelam itulah Megawati dan keluarganya merasa tersisih karena tidak diberikan kebebasan untuk bersekolah dan memperoleh pendidikan yang layak.

Putri tertua dari Presiden pertama RI, Soekarno ini, juga mengatakan pada saat itu mereka tidak memiliki tempat untuk mengadu sebagaimana saat ini dengan hadirnya Komnas HAM. Saat itu pihak berwenang masih dapat berbuat sewenang-wenang dengan tidak mengizinkan anak negeri untuk tetap melanjutkan pendidikan karena keluarganya terkait kasus G30-S-PKI.

Karena kondisi yang tidak memungkinkan inilah Megawati menolak adanya anggapan kalau ia drop out alias dikeluarkan dari kampus. “Kalau ada yang bilang saya drop out, no! Saya tidak boleh kuliah,” tegasnya.

Megawati pun mengimbau kepada para mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan agar memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin.

Mendengar kisah yang disampaikan Megawati, kita sepatutnya bersyukur karena Indonesia telah mengalami banyak reformasi dalam beberapa dekade terakhir ini. Meskipun demikian, masih banyak hal yang perlu diperhatikan dan dibenahi pemerintah untuk membawa Indonesia menjadi semakin baik.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami