Paus Ajak Orang Tua Beri Nama Kristen Untuk Anak Mereka

Internasional / 14 January 2011

Kalangan Sendiri

Paus Ajak Orang Tua Beri Nama Kristen Untuk Anak Mereka

daniel.tanamal Official Writer
2855

Pemberian nama kepada anak yang baru lahir memang masih menjadi wacana penting untuk memberi harapan dan motivasi tersendiri khususnya untuk anak tersebut. Sebuah nama oleh beberapa agama, kepercayaan dan golongan bahkan dipercaya menentukan jalan hidup seseorang.

Pemimpin besar Vatikan Paus Benediktus XVI pun juga meminta para orangtua untuk kembali menggunakan pemberian nama-nama anak melalui sumber Alkitab atau nama Kristen. Hal itu diserukan karena hingga kini banyak nama anak yang tidak umum dan terkesan asal memberi nama tanpa adanya harapan yang lebih indah.

Dalam salah satu sakramen pembaptisan itu Rohaniwan vatikan ini menyatakan bahwa sakramen pembaptisan berarti gereja mendoakan. Dan pemberian nama adalah sebuah tanggung jawab yang besar. “Nama Kristen merupakan tanda dari Roh Suci. Nama itu melindungi kehidupan berkeluarga yang saat ini sudah mulai terancam. Membaptis dengan nama yang kuat merupakan awal kehidupan spiritual yang akan dipenuhi melalui gereja,” ujarnya Paus berumur 83 tahun ini.

Pemberian nama memang selalu menjadi pekerjaan yang mudah namun terlampau sulit untuk sebagian besar orang. Demi menjaga kredibilitas sebuah negara, pemerintah Malaysia pernah mengeluarkan kebijakan yang mengatur pemberian nama yang tepat untuk seorang anak di tahun 2006 silam. Bisa sebuah sugesti namun tepat juga dikatakan sebagai tindakan iman bila kita memberi nama sesuai dengan apa yang kita percayai.

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami