Semen Tembus Cahaya Tercipta dari Sebuah Pemikiran

Nasional / 12 January 2011

Kalangan Sendiri

Semen Tembus Cahaya Tercipta dari Sebuah Pemikiran

Lois Official Writer
3703

Kita patut memberikan pujian kepada seorang arsitek asal Italia yang berhasil menciptakan tipe semen yang inovatif. Namanya adalah Giampaolo Imbrighi. Semen ini mampu meloloskan cahaya dari luar agar masuk ke gedung sehingga hal ini menyebabkan pemakaian cahaya buatan seperti lampu di dalam ruangan tersebut.

Dari jauh, semen tampak seperti membentuk dinding biasa. Akan tetapi dari dekat, ternyata terlihat bahwa dinding itu terdiri dari slot-slot persegi panjang berukuran 2 sampai 3 milimeter yang dipenuhi oleh getah berbagai warna. Slot-slot inilah yang memungkinkan cahaya menembus dan membuat semen itu menjadi transparan sekitar 20 persen. Seluruh bagian dinding yang menggunakan semen itu menjadi seperti jendela.

Bahan ciptaan Imbrighi itu pertama kali diperlihatkan pada public pada Shanghai World Expo dan digunakan untuk membangun Pavilion Italia, salah satu Pavilion unik yang digunakan sebagai tempat untuk menjual barang-barang dari berbagai negara di expo tersebut. Sekitar 40 persen dari bangunan setinggi 18 meter itu menggunakan material buatan Imbrighi. Sebanyak 3.774 panel dan 189 ton produk semen transparan itu digunakan pada Pavilion Italia ini.

Saat ini semen itu sedang dalam proses pendaftaran hak paten. Belum diketahui apakah semen yang bersangkutan akan tersedia secara global. Namun, suatu inovasi yang luar biasa baik dan bagusnya, biasanya akan dipasarkan. Suatu hari, mungkin Anda dapat menggunakan semen yang sangat bermanfaat dan ramah lingkungan ini.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami