Meski Muda, Mereka Bisa Sukses Jadi Pengusaha Media

Nasional / 12 January 2011

Kalangan Sendiri

Meski Muda, Mereka Bisa Sukses Jadi Pengusaha Media

Lois Official Writer
3173

Jangan berkecil hati jika Anda adalah orang muda yang dianggap belum pantas menjalankan bisnis atau jika Anda adalah seorang yang sudah lanjut usia tapi punya semangat yang luar biasa. Buktinya adalah kisah dua orang muda yang dengan berhasil menjalankan bisnis mereka ini.

Sean Spooner dan Louis Porter yang berusia 14 tahun asal Inggris, membuktikan bahwa media cetak masih digemari, meskipun di tengah ledakan media sosial dan media online. Mereka membuat sebuah majalah lokal bernama Corby, dimana dalam enam bulan, sudah memiliki 5.000 pembaca.

Saat pertama kali terbit pada Juni tahun lalu, Corby hanya memiliki 12 halaman dan dicetak sebanyak 200 eksemplar. Dalam edisi keempat, mereka sudah menambah hingga 36 halaman dan memiliki pelanggan tetap yang diantar ke rumah dan kantor sebanyak 1.000 eksemplar. Semua majalah ini disebarkan secara gratis. Lantas, bagaimana mereka membiayai produksinya?

“Kami mendapatkannya dari iklan,” kata Sean seperti dikutip dari laman Orange, hari ini. “Semua ini ide dari kami sendiri, kami memproduksi dan membiayainya dari iklan,” ujarnya. Sean menjadi pemimpin redaksi yang berhubungan dengan penulisan dan produksi, sedangkan Louis berhubungan dengan penjualan iklan. Tugas Louis yaitu membujuk pengusaha lokal untuk memasang iklan di majalah mereka.

Dengan hanya mengerjakan majalah tersebut dari kamar tidur mereka dan bermodalkan laptop, kamera dan telepon genggam mereka mulai ‘beraksi’. Adapun isi dari majalah tersebut adalah berita dalam bentuk features, peristiwa lokal, dan berbagai kompetisi yang digelar di Corby, Northants, tempat tinggal mereka.

“Waktu pertama kali sangat, sangat sulit menjual iklan, karena ketika itu kami belum mencetaknya, baru sebatas ide,” kata Louis. “Aku harus meyakinkan bahwa bisnis media ini berkembang dan sukses,” ujarnya. Banyak pengusaha yang meragukan mereka awalnya.

Jangan pernah berkecil hati jika Anda ingin melakukan sesuatu usaha atau suatu hal yang ada di dalam hati Anda. Memang pada awalnya, langkah itu akan terasa sulit untuk dilakukan, tapi percayalah bahwa ketika Anda melakukan yang terbaik, Anda pun akan mendapatkan yang terbaik.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami