Mimpi Buruk Bagi Kaum Hawa Di Kongo

Nasional / 8 January 2011

Kalangan Sendiri

Mimpi Buruk Bagi Kaum Hawa Di Kongo

Stella Maris Official Writer
4498

Tahun Baru 2011 merupakan mimpi buruk bagi sekitar 33 perempuan di Kongo. Mereka diperkosa dan disiksa segerombolan bersenjata. Mereka diikat dan dipukuli pada sebuah serangan terkoordinasi yang terjadi di negeri itu. Menurut organisasi kemanusiaan Médicins Sans Frontiéres (MSF), perkosaan massal ini terjadi di kota Fizi, Kongo Selatan dan serangan terjadi secara serempak di kota tersebut pada 1 Januari 2011.

“Wanita-wanita ini diikat dengan tali atau dipukul sampai tidak sadarkan diri dengan gagang senapan sebelum akhirnya diperkosa, beberapa bahkan digagahi di depan anak-anaknya sendiri,” kata juru bicara MSF, Annemarie Loof. Dia juga mengatakan bahwa beberapa orang terlibat dalam pemerkosaan terhadap 33 wanita ini. Selain memperkosa, gerombolan orang ini juga melakukan perampokan dan penjarahan.

Loof mengatakan bahwa saat ini rumah sakit di Fizi telah merawat 33 korban. Namun ada dua korban yang dilarikan ke rumah sakit yang lebih besar di Baraka karena luka yang cukup parah. Yang seorang kepalanya retak akibat dihantam dengan batu dan yang seorang lagi ditembak tepat di dadanya.

Kongo merupakan negara paling berbahaya bagi Kaum Hawa. Menurut laporan PBB di tahun 2009, sekitar 15.000 wanita diperkosa di Kongo. Angka tersebut belum termasuk mereka yang tidak melapor. Dan di tahun 2010 sedikitnya 240 wanita yang menjadi korban.

Perkosaan dianggap sebagai salah satu strategi perang yang dilancarkan pemberontak FDLR atau tentara pembebasan Rwanda, untuk menghancurkan mental warga yang loyal dengan pemerintah. Salah satu strategi penghancuran mental itu adalah memperkosa para wanita di depan suami sendiri. Semoga perdamaian segera terwujud di Kongo, sehingga tidak ada lagi kaum Hawa yang teraniaya.



Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami