Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
7057


Ada yang bilang masa-masa remaja merupakan waktu tersulit dalam kehidupan manusia karena di saat itulah seorang anak laki-laki atau perempuan sedang mengalami masa peralihan dari anak kecil menuju dewasa. Oleh karenanya, perlu bimbingan dari para orangtua agar mereka tidak salah jalan. Namun, sudahkah orangtua saat ini melakukan perannya?

Menurut psikolog remaja Universitas Indonesia (UI) Tika Bisono di Jakarta, Senin (10/5), kegiatan melakukan badan di kalangan remaja sekarang semakin menghawatirkan. Pelaku bukan lagi mereka yang masuk usia mahasiswa atau SMA, tetapi sudah sampai ke anak-anak SMP.

Tika menilai fenomena ini berkembang lantaran semakin menurunnya peran orangtua sebagai pengawas dan teman diskusi bagi anak. Di satu sisi juga perkembangan teknologi informasi semakin pesat hingga masuk ke ruang-ruang privat.

"Di rumah orang tua tidak memberikan pemahaman. Di sekolah tanya masalah seks dianggap jorok oleh gurunya dan malah dimarahi. Ini fakta, sehingga kebutuhan memenuhi rasa ingin tahu remaja terhadap perubahan dalam dirinya semakin tidak terpenuhi,"ujarnya.

Walaupun Komisi Perlindungan Anak (KPA) pernah merilis hasil survei yang menyebutkan 62,7 persen dari 4.500 responden remaja pernah berhubungan badan dan 21 persen remaja diantaranya sudah pernah melakukan aborsi, Tika mengatakan seks di luar nikah belum menjadi gaya hidup remaja Indonesia.

"Kalau jadi gaya hidup sih belum, karena masih banyak remaja yang antipati terhadap hal itu. Masih dalam tahap semacam fenomena baru yang terus berkembang dan harus mendapatkan penanganan khusus," ujarnya.

Sebagai umat Allah di bumi ini kita harus berperan aktif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Apa yang terjadi dengan para remaja di negara ini adalah tanggung jawab kita juga. Oleh karenanya, cara paling termudah agar tidak semakin banyak lagi remaja yang jatuh ke dalam dosa perzinahan adalah dengan menjadi sahabat mereka. Jadilah pendengar atas kebutuhan-kebutuhan mereka dan bimbinglah mereka membangun hubungan pribadi dengan Allah. Hanya Allah lah yang sanggup menjaga sepenuhnya kehidupan mereka dari segala tawaran iblis untuk melakukan dosa.

Sumber : Okezone

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yohana Girsang 20 October 2017 - 11:38:26

Musik pertama dalam alkitab

0 Answer

ferdhika sandy putra 19 October 2017 - 09:04:56

Dosa gak kalo kentut di gereja?

3 Answer

Isabel Frilia 18 October 2017 - 16:17:55

Mohon doanya bagi saya dan suami,saya punya anak s.. more..

1 Answer


evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Banner Mitra Week  3


7316

Line Jawaban