Menilik Peluang Investasi Pariwisata di Jawa Tengah

Investment / 27 December 2010

Kalangan Sendiri

Menilik Peluang Investasi Pariwisata di Jawa Tengah

Lois Official Writer
3364

Jawa Tengah adalah daerah yang memiliki keindahan alam yang beraneka ragam, mulai dari keindahan pegunungan, peninggalan purbakala, serta keindahan pantainya. Jumlah obyek wisata pada tahun 2000 sebanyak 214 obyek dan tersebar merata di seluruh Jawa Tengah, bahkan ada salah satu keajaiban dunia di sana, yaitu Candi Borobudur.

Jenis dan peluang investasi yang terbuka bagi investor awam di bidang pariwisata adalah :

Obyek Wisata Karimun Jawa

Obyek ini merupakan obyek wisata kelautan. Pantai yang indah, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan yang dapat dilihat melalui glass bottom boat, maupun olahraga diving akan menarik perhatian wisatawan. Luas wilayah kepulauan Karimun Jawa seluas 111.625 hektar terdiri dari 7.033 hektar daratan dan 104.592 hektar perairan. Sektor pertanian di kepulauan ini masih menjadi andalan utama dengan dominasi produk kelapa, ayam, dan ikan. Selain taman Nasional Laut, terdapat juga wisata ziarah Makam Sunan Nyamplung.

Obyek Wisata Rawa Pening

Obyek ini merupakan obyek wisata alam. Secara umum, pembangunan kawasan wisata Rawapening terdiri dari 5 sub kawasan yang masing-masing sub kawasan mempunyai kekhususan pembangunan sendiri-sendiri. Kawasan wisata Asinan, Tlogo, Muncul, Lopait, dan Bukit Cinta – Brawijaya bisa dikembangkan menjadi agro trekking, wisata kebun, wisata taman hutan raya, bumi perkemahan, taman safari bertema khusus, kebun bunga dan buah, wisata kereta tua, rekreasi air dermaga Tuntang, pasar seni dan art gallery, kios cenderamata, pusat layanan wisata restoran pemancingan, taman rekreasi air, panggung hiburan, dan lainnya.

Obyek Wisata Nusa Kambangan

Pulau Nusakambangan terletak di selatan pulau Jawa dan masuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap. Pulau ini memiliki luas 240 km2, yang terdiri dari batuan breksi vulkanis. Potensi wisata kawasan ini antara lain : desa nelayan, suaka hutan mangrove, pantai Segcra Anckan, Selat Indralaya (terdapat panorama pertemuan antara air laut dan air tawar, panorama indah serta atraksi ikan pesut), Gua Ratu dan gua lainnya. Peluang investasi di kepulauan Nusakambangan adalah sarana transportasi darat dan laut, akomodasi, lapangan golf, dan fasilitas wisata air.

Obyek Wisata Saringan

Kawasan in memiliki peninggalan purbakala yang amat bernilai bagi sejarah evolusi manusia. Di sinilah ditemukan Pithecantropus Erectus. Kawasan Sangiran terletak di timur propinsi Jawa Tengah yang termasuk dalam wilayah kabupaten Sragen dan kabupaten Karanganyar dengan luas 56 km2. Peluang yang dapat dikembangkan di kawasan wisata ini adalah warung cinderamata, terminal kecil, dan rumah makan.

Jadi, bagi Anda yang mempunyai hobi jalan-jalan, khususnya di wilayah Indonesia, Anda mungkin bisa melakukan investasi dalam pariwisata di Jawa Tengah ini. Dengan begitu, Anda menghasilkan uang dari kesenangan Anda.

Sumber : budpar/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami