Hiasan Natal yang Tergantung di Angkasa Luar

Hiasan Natal yang Tergantung di Angkasa Luar

Lois Official Writer
9186

Ilmuwan baru-baru ini menemukan gelembung gas di luar angkasa yang diduga terbentuk dari ledakan supernova empat abad yang lalu. Gelembung gas itu berwarna merah, mirip seperti hiasan yang digantungkan di pohon Natal. Citra gelembung itu berhasil ditangkap oleh Hubble Space Telescope.

Gantungan Natal ini dinamai SNR B0509-67.5 atau singkatnya SNR 0509. Gelembung itu dihasilkan dari ledakan supernova di Large Magellanic Cloud, galaksi kecil yang berjarak 160.000 tahun cahaya dari bumi. Gelembung ini berdiameter 23 tahun cahaya dan terus mengembang sebesar 11 juta kilometer per jam.

Bagian luar gelembung gas tersebut memiliki riak atau bergelombang. Para peneliti memperkirakan hal itu disebabkan karena kerapatan gas ambient antar bintang meski mereka tidak begitu yakin. Jenis supernova yang mengakibatkan terbentuknya gelombang gas ini adalah Type 1a. Ledakan terjadi akibat bintang katai putih yang merampas material yang dikandung oleh mitranya, mengambilnya terlalu banyak sehingga akhirnya meledak.

Dengan usia 400 tahun hingga kini, supernova yang membentuk gelembung gas ini diperkirakan bisa dilihat oleh penduduk belahan bumi selatan pada tahun 1600. Berarti belahan bumi yang lain tidak bisa melihat hiasan natal ini, tapi hiasan ini memang cocok buat hari ini, hari Natal.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami